AFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Ernaning Ary Absani , 2302410034 (2016) AFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302410034.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (337kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar terjadi kegiatan sinergik, dimana didalamnya terdapat kegiatan belajar dan mengajar dimana idealnya terjadi interaksi antara guru dan siswa. Namun, pada kenyataannya dalam pembelajaran tidak selamanya berjalan mulus kadang-kadang terdapat hambatan terutama dari aspek afektif yaitu dengan adanya kecenderungan sikap negative atau tidak suka mahasiswa terhadap objek pembelajaran. Hasil studi pendahuluan pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa jepang Unnes menunjukkan bahwa mereka kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan rendahnya komunikasi interaktif dengan pengajar. Hal tersebut akan menghambat tujuan pembelajaran dan optimalisasi proses belajar mengajar sehingga perlu diketahui kecenderungan afektif seperti apa yang dialami mahasiswa prodi pendidikan bahasa jepang Unnes dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi terkait kecenderungan afeksi mahasiswa angkatan tahun 2013 pendidikan bahasa Jepang Unnes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Data berupa jawaban yang diperolah dari angket dari sumber data yaitu responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Analisis data berupa deskripsi prosentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh simpulan bahwa sikap dalam pembelajaran bahasa jepang mahasiswa pendidikan bahasa Jepang UNNES angkatan tahun 2013 cenderung negative dengan perolehan skor rata-rata adalah 49,076% termasuk kategori tidak baik. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa kemauan menerima pembelajaran masih perlu peningkatan, di antaranya partisipasi aktif dalam kegiatan diskusi, mempraktikkan teori yang telah dipelajari, menyelesaikan tugas tepat waktu, membantu teman yang kesulitan, dan mengikuti kegiatan kampus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Tujuan Belajar, Ranah Afektif dalam Penilaian, Pengklasifikasian Penilaian Afektif.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Feb 2018 14:29
Last Modified: 06 Feb 2018 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29773

Actions (login required)

View Item View Item