PENGARUH EKSPEKTASI KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2012 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES
Anita Dyah Tri Wigati , 2302409010 (2015) PENGARUH EKSPEKTASI KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2012 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (693kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor internal dalam kegiatan belajar mengajar dan merupakan daya penggerak untuk melakukan sesuatu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Diantaranya yaitu faktor instrinsik dan ekstrinsik. Ekspektasi karir merupakan salah satu faktor instrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar. Jika ekspektasi karir atau pengharapan terhadap karir dikaitkan dengan motivasi belajar, maka pembelajar akan berusaha untuk belajar dengan lebih baik sehingga di saat menyelesaikan masa studinya kelak dapat meraih pekerjaan sesuai dengan harapan mereka. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana dan seberapa besar pengaruh ekspektasi karir mahasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa angkatan tahun 2012 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh ekspektasi karir mahasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa angkatan tahun 2012 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2012 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu ekspektasi karir dan motivasi belajar bahasa Jepang. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai r product-moment,rhitung =0,636> rtabel =0,329 dengan persamaan linier sederhana Y = 18,755 + 0,362X, berarti bahwa ekspektasi karir berpengaruh terhadap motivasi belajar bahasa Jepang mahasiswa angkatan 2012 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Besarnya pengaruh tersebut sebesar��ଶ =40, 43%. Meskipun demikian, dari hasil analisis tiap butir angket baik pada ekspektasi karir maupun tentang motivasi belajar mahasiswa, masih ada hal yang dianggap rendah oleh mahasiswa. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian ini, secara umum dapat diambil kesimpulan bahwa ekspektasi karir pengaruh positif terhadap motivasi belajar bahasa Jepang mahasiswa angkatan tahun 2012 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes sebesar 40, 43% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekspektasi karir, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Motivating Learners L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 14:10 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 14:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29770 |
Actions (login required)
View Item |