PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN (Studi Kasus Pokok Bahasan Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Pada Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017)


Lindasari , 7101413132 (2017) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN (Studi Kasus Pokok Bahasan Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Pada Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413132.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (800kB) | Preview

Abstract

Salah satu visi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) berdaya saing dalam pekerjaan sehingga pada materi perhitungan pajak penghasilan (PPh) siswa harus diberikan materi yang sesuai dengan keadaan saat ini. Ketersediaan internet di SMK N 2 Pekalongan yang kurang dimaksimalkan dalam menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: penggunaan internet terhadap peningkatan belajar siswa, mata pelajaran administrasi perpajakan, efektivitas penggunaan internet sebagai sumber belajar dan partisipasi keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode True Experiment dengan desain pretest post-test control group design pada kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman belajar setelah perlakuan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dilihat dari ratarata nilai pre-test yaitu 53.41 dan post-test sebesar 72.69 pada kelas eksperimen, perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 72.69 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 67.77, perbedaan rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 118.83 dan kelas kontrol 109.81. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa materi perhitungan pajak penghasilan (PPh). One vision of vocational high school is competitive in the work so that in the material of income tax calculation (PPh) students should be given material in accordance with the current circumstances. The internet availability is less maximized in supporting learning. The purposes of the research were to find out: the use of internet in improving students learning, tax administration subject, the effectiveness of internet as learning source, and students’ participation in learning process. This research used True Experiment method in the form of pre-test and post-test control group design on eleventh grade Accounting students of SMK Negeri 2 Pekalongan in the accademic year of 2016/2017. The results showed that there was an increase in learning understanding after the treatment of Internet utilization as learning source, it can be seen from the average of pre-test score that was 53.41 and post-test score that was 72.69 in the experiment class, the difference of post-test average score of the experiment class that was 72.69 was higher than control class that was 67.77, the mean difference of learning activity was 118.83 of experimental class and 109.81 of control class. Based on the result of the research, it can be conclude that the use of internet as learning source can improve students’ understanding in income tax calculation (PPh).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Internet, Pemahaman Belajar, Dan Perhitungan Pajak Penghasilan learning sources, internet, learning understanding, and income tax calculation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Feb 2018 13:30
Last Modified: 06 Feb 2018 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29763

Actions (login required)

View Item View Item