PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, PELATIHAN DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG


Syarah Nur Nafi’ah , 7101413115 (2017) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, PELATIHAN DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN GURU EKONOMI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413115.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar pada guru dalam pembelajaran. Dimana guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered) dengan memperhatikan keseimbangan pencapaian kognitif, afektif dan psikomotor. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan dirinya seoptimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi, motivasi kerja, pemanfaatan media pembelajaran, pelatihan dan supervisi akademik terhadap kesiapan guru ekonomi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah guru ekonomi SMA Negeri di Kota Semarang yang berjumlah 37 guru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi dikarenakan semua populasi digunakan sebagai responden penelitian. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa kesiapan guru ekonomi dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam kriteria siap, kompetensi dan motivasi kerja dalam kriteria sangat baik, pemanfaatan media pembelajaran dan supervisi akademik dalam kriteria baik, sedangkan untuk pelatihan dalam kriteria cukup mendukung. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi, motivasi kerja, pemanfaatan media pembelajaran, pelatihan dan supervisi akademik secara simultan sebesar 83,2%. Secara parsial kompetensi, motivasi kerja, pemanfaatan media pembelajaran, pelatihan dan supervisi akademik berpengaruh terhadap kesiapan guru ekonomi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah pihak guru hendaknya meningkatkan motivasi kerja yang dimiliki dengan sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Bagi kepala sekolah hendaknya mengintensifkan kegiatan supervisi terhadap guru yang memiliki kekurangan serta keterbatasan dalam penguasaan materi dan struktur konsep. Bagi pemerintah disarankan untuk memprogramkan kegiatan pelatihan terkait dengan Kurikulum 2013 dengan frekuensi yang lebih lama dan tingkat pelatihan yang lebih tinggi. Curriculum of 2013 brings the fundamental change to the teacher in learning. In which, the teacher is supposed to do learning that focused on student (student centered) by paying attention to the balance of cognitive, affective, and psychomotor achievement. Therefore, teachers must be prepare themselves as optimal as they can. The objective of this research is to find out the existence or inexistence the influence of competence, work motivation, learning media utilization, training, and academic supervision toward economics teacher readiness in the implementation of Curriculum 2013 in state-senior high school all over Semarang. The population of this research was the economics teacher of state-senior high school all over Semarang. The totals were 37 teachers. This research included of population research because all the population were used as the research respondent. The method that used to collect the data was questioner. The variable data were analyzed using descriptive statistic and regression analysis. From the result of descriptive analysis showed the readiness of economics teacher in the implementation of Curriculum 2013 was in ready criteria, competence and work motivation were in very good criteria, learning media utilization and academic supervision were in good criteria, whereas the training was in the quite supportive criteria. The result of this research statistically showed that there was influence of competence, work motivation, learning media utilization, training and academic supervision simultaneously 83.2%. Partially, competence, work motivation, learning media utilization, training, and academic supervision influenced economics teacher readiness in the implementation of Curriculum 2013 in statesenior high school all over Semarang. The suggestion that can be given is the teachers should increase the work motivation they owned with conscious of duties and responsibilities as an educator. For the Headmasters, they should investigate the activity of supervision to the teacher who has weakness and restrictiveness in mastering the material and concept structure. For the government, it suggested to program the activity of training relate to the Curriculum 2013 with longer frequency and higher level of training.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Motivasi Kerja, Media Pembelajaran, Pelatihan, Supervisi Akademik, Kesiapan Guru. Competence, Work Motivation, Learning Media, Training, Academic Supervision, Teacher Readiness.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Feb 2018 12:29
Last Modified: 06 Feb 2018 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item View Item