KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER IV DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF


Niska Agustin Prihastarin , 2301412018 (2016) KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER IV DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301412018.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (517kB) | Preview

Abstract

Dalam buku ajar Version Originale 2 mahasiswa semester IV dituntut untuk menguasai kala sekarang, kala lampau dan kala yang akan datang. Untuk itu perlu diadakan sebuah pengukuran kemampuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran tersebut. Penulis membatasi untuk penelitian ini, yaitu hanya mengukur kemampuan mahasiswa dalam menggunakan kala lampau dan kala yang akan datang. Kemampuan yang dapat diukur antara lain yaitu menulis. Seperti kita ketahui bahwa kemampuan menulis adalah kemampuan yang paling sulit dikuasai diantara kemampuan lain. Kemampuan menulis mahasiswa dapat dilihat ketika mereka membuat karangan. Kompetensi yang harus mereka capai adalah « décrire » atau « menggambarkan », jadi karangan yang tepat digunakan untuk penelitian ini adalah karangan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemampuan mahasiswa semester IV prodi Pendidikan Bahasa Perancis dalam menulis karangan deskriptif, (2) Kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa semester IV prodi Pendidikan Bahasa Perancis dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Perancis yang berjumlah 17 responden. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa kemampuan menulis teks deskriptif mahasiswa semester IV berada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 75,47. Kesalahan yang banyak terjadi adalah kesalahan mematuhi perintah soal dan kemampuan memberikan kesan pada tulisan mereka. Untuk itu perlu diupayakan perbaikan pada kedua kriteria tersebut serta menulis dengan mengacu pada penilaian keterampilan berdasarkan standar penilaian DELF A2. Dans le manuel Version Originale 2 les étudiants du quatrième semestre doivent maîtriser le présent, le passé et le futur, pour savoir la réussite de cette compétence, il faut qu’on fasse une recherche. L’une de quatre compétences langagières est écrire. Écrire est la compétence la plus difficile entre les autres. Dans cette recherche l’écrivain demande aux étudiants de rédiger un texte descriptif. Cette recherche a deux objectifs, ces sont pour savoir la compétence les étudiants du quatrième semestre à écrire un texte descriptif, à côté de cela on veux savoir les erreurs faites par les étudiants. Cette recherche utilise la méthode de quantitatif. Les répondants dans cette recherche sont 17 étudiants. J’utilise aussi la méthode documentaire et la méthode test. Pour savoir la fiabilité de l’instrument, j’ai utilisé la formule product-moment. Le résultat cette recherche montre que les compétences d’écrire d’étudiants du quatrième semestre à écrire le texte descriptif sont dans la catégorie bien parce que leur note moyenne est de 75,47.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Version Originale 2, menulis, karangan deskriptif Version Originale 2, écrire, le texte descriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Feb 2018 11:56
Last Modified: 06 Feb 2018 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29757

Actions (login required)

View Item View Item