PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF BERDASARKAN IKLAN DI MEDIA CETAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS X E SMA 8 SEMARANG
Ika Sari Astarina, 2101405075 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF BERDASARKAN IKLAN DI MEDIA CETAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS X E SMA 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF BERDASARKAN IKLAN DI MEDIA CETAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS X E SMA 8 SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
model pembelajaran dan penilaian portofolio. Keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas X E SMA 8 Semarang masih rendah. Hal itu disebabkan oleh tindakan pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dan merasa bosan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi dan bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X E SMA 8 Semarang setelah digunakan model pembelajaran dan penilaian portofolio serta media iklan di media cetak pada pembelajaran menulis paragraf persuasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi dan bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X E SMA 8 Semarang setelah digunakan model pembelajaran dan penilaian portofolio serta media iklan di media cetak pada pembelajaran menulis paragraf persuasi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas X E SMA 8 Semarang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilakukan setelah pembelajaran berakhir, yaitu berupa soal tes membuat paragraf persuasi. Sedangkan teknik nontes dilakukan dengan membuat portofolio, observasi, wawancara, dan membagi jurnal. Hasil data tes dan nontes dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif untuk data tes dan analisis data kualitatif untuk data nontes. Hasil rata-rata tes keterampilan menulis paragraf persuasi siklus I adalah 66.87. Sedangkan nilai tes pada siklus II adalah 76.87. Nilai tes tersebut meningkat sebesar 10.00 atau 15.02% dari siklus I yang semula 66.87 menjadi 76.87. Peningkatan nilai tes keterampilan menulis paragraf persuasi diperoleh dengan perbaikan pada siklus II, yaitu dengan mengganti iklan yang lebih menarik agar siswa lebih mudah dalam menuangkan gagasan. Hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa menjadi lebih positif. Siswa lebih kreatif dalam membuat portofolio dan disiplin mengumpulkan tugas. Selain itu, siswa lebih antusias dan tidak lagi merasa bosan dengan pembelajaran. Siswa juga merasa lebih semangat untuk menulis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran dan penilaian portofolio serta media iklan di media cetak dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf persuasi serta dapat merubah perilaku belajar siswa kelas X E SMA 8 Semarang. Oleh karena itu, pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis paragraf persuasi, iklan di media cetak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 01:38 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2973 |
Actions (login required)
View Item |