PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU


Restu Handayani , 1201413059 (2017) PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (872kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan program pendidikdan kesetaraan paket C di PKBM Citra Ilmu adalah program pendidikan yang di setarakan dengan pendidikan SMA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program kesetaraan paket C di PKBM Citra Ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Citra Ilmu. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 7 orang. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah:1. Pengunpulan data, 2. Reduksi data, 3. Penyajian data, dan 4. Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1.Kegiatan perencanaan yang dilaksanakan adalah penyusunan Standar Kompetensi Lulusan, kalender akademik dan jadwal pelajaran, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh tutor. 2.Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan program paket C dilaksanakan pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Metode yang digunakan tutor adalah tutorial, tatap muka, kelompok kecil dan tugas mandiri. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di pendidikan kesetaraan program paket C adalah buku paket, modul, e-book, CD, dan internet. 3.Pengawasan eksternal di PKBM Citra Ilmu dilakukan oleh penilik dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang. Sedangkan untuk pengawasan internal dilakukan oleh pengelola PKBM, ketua program pendidikan kesetaraan, dan tutor. Tahap evaluasi meliputi evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi akhir. Pengelola PKBM sebaiknya menyusun visi, misi, dan tujuan untuk pendidikan kesetaraan program paket C supaya pelaksanaan program berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan. Saat pelaksanaan pembelajaran tutor diharapkan lebih kreatif dan aktif dalam memberikan materi kepada peserta didik. Metode pembelajaran yang sesuai akan meningkatkan partisipasi peserta didik sehingga hasil pembelajaran akan semakin baik. Pengawasan kehadiran peserta didik lebih ditingkatkan lagi supaya saat pembelajaran berlangsung peserta didik mengikuti pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan program, manajemen.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Feb 2018 18:19
Last Modified: 03 Feb 2018 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29723

Actions (login required)

View Item View Item