Pelatihan Massage Sebagai Bimbingan Keterampilan Vokasional Bagi Disabilitas Netra Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra Pendowo Kudus


Ruli Nurmala , 1201413055 (2017) Pelatihan Massage Sebagai Bimbingan Keterampilan Vokasional Bagi Disabilitas Netra Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra Pendowo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413055.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (747kB) | Preview

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kebutuhan afiliasi dan diterima dalam berbagai kelompok sosial.Begitupun penyandang disabilitas netra berhak mendapatkan pelayanan dan rehabilitasi untuk mendayagunakan sumber daya yang dimilikinya secara optimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan sosial bagi dirinya sendiri maupun keluarganya. Salah satunya melalui pelatihan massage sebagai bentuk bimbingan keterampilan vokasional.Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana pelaksanaan pelatihan massage sebagai bimbingan keterampilan vokasional serta bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan massage sebagai bimbingan keterampilan vokasional dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian kualitatif.Subyek penelitian berjumlah 4 orang yaitu 3 penerima manfaat dan 1 instruktur pelatihan massage. Sementara informan berjumlah 3 orang terdiri dari Kasi Bimbingan dan Resos, Pekerja Sosial dan Instruktur massage lainnya. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dandokumentasi.Keabsahan data menggunakantriangulasi sumber, triangulasi teori dan triangulasi metode (membandingkan hasil dari kegiatan wawancara dengan hasil pengamatan atau observasi).Teknik analisisdata dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian meliputi perencanaan yang diawali dengan perekrutan penerima manfaat, assesment kebutuhan, pengelompokan penerima manfaat, perencanaan kurikulum, dan sarpras.Pelaksanaan dilakukan dengan pemberian materi dan praktik pelatihan.Evaluasi dilakukan melalui evaluasi pembelajaran dan program. Faktor pendukung dari pelatihan massage adalah instruktur yang berpengalaman, tingkat antusias keikutsertaan penerima manfaat yang tinggi, dukungan dari pemerintah, program pembimbingan dan pemenuhan layanan yang baik, sarpras yang baik, dan jalinan kerjasama yang baik. Faktor penghambat dari pelatihan massage adalah keterbatasan sumber daya manusia, karakteristik penerima manfaat yang berbeda, serta kurang pahamnya masyarakat tentang program rehabilitasi sosial. Simpulan dari penelitian ini yaitu proses pelaksanaan pelatihan massage dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung dan penghambat meliputi internal dan eksternal. Saran yang diberikan yaitu penambahan personil pelaksana pelatihan agar pelaksanaan pelatihan massage dapat dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Massage, Bimbingan, Keterampilan Vokasional, Disabilitas Netra.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Tutoring
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Feb 2018 18:19
Last Modified: 03 Feb 2018 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29719

Actions (login required)

View Item View Item