PELATIHAN KETERAMPILAN MUSIK UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI KOTA SEMARANG
Putri Rizky Rahmayanti , 1201413051 (2017) PELATIHAN KETERAMPILAN MUSIK UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelatihan merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang bersifat non formal dan informal untuk memperoleh pengetahuan maupun keterampilan. Pelatihan keterampilan musik memiliki peran untuk mengembangkan kecakapan hidup anak tunagrahita baik itu kecakapan personal, sosial maupun vokasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : bagaimana pelaksanaan pelatihan keterampilan musik bagi anak tunagrahita dan bagaimana faktor penghambat serta faktor pendukung peserta didik dalam memperoleh manfaat dari hasil pelatihan keterampilan seni musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggambarkan dan mengungkapkan serta menjelaskan fenomena yang ada di lapangan. Fokus penelitian terpusat pada anak tunagrahita tingkat SMALB di SLB Negeri Kota Semarang. Subjek penelitian yang diteliti berjumlah 6 orang yaitu : 2 orang tutor pelatihan keterampilan musik, 3 orang peserta pelatihan serta 1 informan humas SLBN Semarang yang mendukung penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang dilakukan kepada tutor dan peserta didik yang mengikuti pelatihan sehingga diperoleh data yang akurat, wawancara dilakukan kepada humas SLBN Semarang yang mengetahui informasi dan tutor pelatihan serta dokumentasi bertujuan untuk melengkapi data dari wawancara dan observasi. Keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian bahwa pelatihan keterampilan musik diberikan pada anak tunagrahita melalui proses belajar memainkan alat musik dan menghafal lagu-lagu serta memberikan sedikit teori tentang musik sehingga melalui pelatihan keterampilan seni musik dapat diperoleh hasil yang dapat dilihat dari perubahan peserta pelatihan yaitu peruban sikap, perubahan keterampilan dan perubahan pengetahuan. Dalam pelaksanaan terdapat adanya faktor penghambat dan faktor pendukung peserta didik dalam menerima manfaat dari pelatihan keterampilan musik baik itu secara internal maupun eksternal Simpulan dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa anak tunagrahita yang mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan musik memiliki kemampuan atau kecakapan hidup yang lebih baik dibandingkan dengan anak tunagrahita yang belum pernah tersentuh dengan keterampilan sama sekali. Baik itu dalam bentuk perkembangan kecakapan hidup personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. Saran untuk pelatihan keterampilan musik di SLB adalah membuat peraturan yang lebih disiplin mengenai jadwal pelatihan dan lebih memberikan tugas belajar dirumah untuk peserta pelatihan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelatihan, keterampilan, seni musik, tunagrahita, kecakapan hidup |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Tutoring L Education > Special Education > Non-formal education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 03 Feb 2018 18:19 |
Last Modified: | 03 Feb 2018 18:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29716 |
Actions (login required)
View Item |