PENYELENGGARAANPEMBELAJARAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA ANAK USIA DINI Studi Kasus di Labschool Unnes Tahun Ajaran 2016/2017


Septiya Yuningsih , 1201413040 (2017) PENYELENGGARAANPEMBELAJARAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA ANAK USIA DINI Studi Kasus di Labschool Unnes Tahun Ajaran 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sampai anak berusia delapan tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Namun pendekatan untuk membantu perkembangan anak masih kurang efektif karena metode pembelajaran masih berpusat pada guru dengan bercerita, menggambar dan bernyanyi. Pada pendekatan BCCT anak dirangsang secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar di sentra pembelajaran dan pembelajarannya berpusat pada anak. Rumusan masalah yang ada pada pendekatan BCCT adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran pembelajaran BCCT. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran BCCT pada PAUD Labschool Unnes. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 Guru Sentra termasuk seksi kurikulum, dan orang tua murid, pengumpulan data dan analisis data karena metode tersebut memaparkan hasil penelitian berupa keadaan dan suatu obyek sebagaimana adanya yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pembelajaran model BCCT dilakukan dengan metode pendidikan berpusat pada anak dengan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk aktif, kreatif dan terus menggali pengalamannya sendiri. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan dalam sentra meliputi pembelajaran PAUD menggunakan kurikulum 2013, pembelajaran dilaksanakan pukul 07.00 sampai dengan 10.30 dan menggunakan penilaian anekdot, narasi deskripsi, portofolio, checklist dan rapot . Saran dalam pelaksanaan di sentra pembelajaran hendaknya anak diarahkan oleh guru sentra untuk bermain di kesempatan main yang lain. Karena ada beberapa anak yang tidak mau bermain di kesempatan main yang lain sehingga membuat anak-anak yang lain pun mengikuti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Feb 2018 16:52
Last Modified: 06 Feb 2018 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29713

Actions (login required)

View Item View Item