REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOBA DI PANTI NURUL ICHSAN AL-ISLAMI DESA KARANGSARI KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA


Rafica Lela Zukhruf , 1201413037 (2017) REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOBA DI PANTI NURUL ICHSAN AL-ISLAMI DESA KARANGSARI KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (270kB) | Preview

Abstract

Salah satu usaha untuk mengatasi permasalahan penyalahguna narkoba yaitu dengan rehabilitasi. Sesuai dengan pasal 54 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang menentukan: “Pecandu Narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial”. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimana pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami, bagaimana faktor penghambat dalam pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami, bagaimana faktor pendukung dalam pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami, mendeskripsikan faktor penghambat dalam pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami, mendeskripsikan faktor pendukung dalam pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 subjek penelitian yaitu Penyalahguna narkoba yang menjadi klien dan petugas rehabilitasi narkoba serta 4 informan penelitian yaitu ketua Panti Nurul Ichsan Al-Islami, Sekretaris Panti Nurul Ichsan Al-Islami, relawan Panti Nurul Ichsan Al-Islami dan Kepala Dusun I Desa Karangsari. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan rehabilitasi narkoba di Panti Nurul Ichsan Al-Islami terdiri dari pra rehabilitasi, pelaksanaan dan pasca rehabilitasi. Faktor penghambat dalam pelaksanaan rehabilitasi penyalahguna narkoba yaitu kurangnya kesadaran dan dukungan keluarga terutama orang tua. Pola asuh orang tua yang kurang tepat. Sarana prasarana berupa tempat yang masih kurang mendukung. Selain itu, faktor pendukung dalam pelaksanaan rehabilitasi penyalahguna narkoba yaitu adanya niat dan semangat dari diri klien. Dukungan dari orang tua yang sadar tentang pentingnya rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba serta diharapkan peran aktif dari pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan ini. Simpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan rehabilitasi di Panti Nurul Ichsan Al-Islami terdiri dari pra rehabilitasi, pelaksanaan dan pasca rehabilitasi. Saran yang diberikan untuk Panti Nurul Ichsan Al-Islami yaitu menambah kegiatan dalam pelaksanaan rehabilitasi narkoba seperti memberikan permainan atau mengadakan diskusi kelompok. Selain itu juga bisa mengadakan kegiatan di bidang olahraga seperti senam pagi atau permainan bola kecil dan bola besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rehabilitasi, penyalahguna narkoba, panti
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Feb 2018 16:51
Last Modified: 06 Feb 2018 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29712

Actions (login required)

View Item View Item