PARTISIPASI PASANGAN USIA SUBUR PRIA DALAM KELUARGA BERENCANA DI DUSUN TOSORO DESA JETAK KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG


Nurhayati , 1201413035 (2017) PARTISIPASI PASANGAN USIA SUBUR PRIA DALAM KELUARGA BERENCANA DI DUSUN TOSORO DESA JETAK KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Indonesia semakin meningkat. Kondisi tersebut menyebabkan pemerintah menjalankan upaya berupa program keluarga berencana untuk mengendalikan penduduk. Data spesifik KB Dusun Tosoro sebagai tempat penelitian terdapat 70,5 % PUS pria menjadi akseptor KB MOP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tipe, tahap, dan faktor-faktor partisipasi PUS dalam program KB di dusun Tosoro. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari ketua kelompok KB Priyo Utomo, kepala dusun Tosoro dan empat masyarakat dusun Tosoro serta terdiri dari empat informan yaitu dokter vasektomi, Ketua UPTB KB PP Getasan, dan dua orang akseptor KB wanita. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Tipe partisipasi PUS pria dalam mengikuti program KB sebagai akseptor vasektomi, kader KB, dan anggota kelompok Priyo Utomo secara sukarela, tidak ada paksaan dari pihak manapun. Kegiatan kelompok KB Priyo Utomo terdiri dari bidang pertanian, pertenakan dan KB terjadi secara insidental. Mayoritas PUS pria dusun Tosoro mengikuti KB pria. Partisipasi PUS pria sebagai usaha untuk perencanaan sosial mengendalikan jumlah penduduk. b) Tahapan partisipasi PUS pria terdiri dari pengambilan keputusan antara PUS pria dengan penyedia layanan atau PLKB dengan sugesti melalui penyuluhan dan getok tular dari para PUS pria lain yang telah mengikuti KB dan petugas KB. Tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan KB. Tahap terakhir pengambilan manfaat dari PUS pria berpartisipasi dalam program KB sebagai akseptor dan sebagai anggota kelompok KB Priyo Utomo. c) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi PUS pria dusun Tosoro terdiri dari faktor pendukung yaitu PUS berpartisipasi didukung dari segi ekonomi, kesehatan keluarga dan kesadaran diri yang bagus. Selain itu, terdapat faktor penghambat terdiri dari ketakutan PUS pria, kecemasan Istri, dan minimnya fasilitas ber-KB untuk PUS pria. Simpulan penelitian, tipe partisipasi yang terdapat di dusun Tosoro terdiri dari tipe partisipasi berdasarkan kesukarelaan sebanyak 50 %, tipe partisipasi langsung sebagai akseptor Vasektomi sebanyak 70,5 %, tipe partisipasi dalam tingkat organisasi Priyo Utomo diikuti oleh seluruh akseptor Vasektomi dusun Tosoro.Tahap partisipasi terdiri dari pengambilan keputusan PUS pria dalam program KB, tahap pelaksanaan terdapat PUS pria melakukan operasi Vasektomi dan tahap pengambilan manfaat, PUS pria merasakan manfaat KB dalam kehidupannya. Saran tipe partisipasi PUS pria berdasarkan lingkup kegiatan dan intesitas pertemuan KB kelompok KB Priyo Utomo, tahap pengambilan keputusan, tahap pasca operasi Vasektomi, dan faktor yang mengahambat program perlu didukung melalui pendampingan oleh PLKB, penyedia layanan KB lain dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, pasangan usia subur (PUS), dan Keluarga Berencana (KB).
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Feb 2018 17:01
Last Modified: 06 Feb 2018 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29711

Actions (login required)

View Item View Item