EVALUASI MUTU LAYANAN PENDIDIKAN KESETARAAN MENGGUNAKAN KONSEP CIPPO PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT CITRA ILMU DI KABUPATEN SEMARANG


Nurul Istiqomah , 1201413027 (2017) EVALUASI MUTU LAYANAN PENDIDIKAN KESETARAAN MENGGUNAKAN KONSEP CIPPO PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT CITRA ILMU DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (925kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Citra Ilmu Kabupaten Semarang yang menunjukkan penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan yang terus berkembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) evaluasi mutu layanan pada pendidikan kesetaraan, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi evaluasi mutu layanan pendidikan kesetaraan pada PKBM. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara objektif suatu strategi yang diterapkan dalam mutu layanan pendidikan kesetaraan pada PKBM Citra Ilmu di Kabupaten Semarang. Subjek penelitian meliputi empat belas orang informan yaitu satu pendiri PKBM, satu ketua program pendidikan kesetaraan, tiga tutor pendidikan kesetaraan, dan sembilan warga belajar. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi mutu layanan program pendidikan kesetaraan yang dilaksanakan di PKBM Citra Ilmu Kabupaten Semarang secara umum sudah ada peningkatan lebih baik. Adanya beberapa pelayanan yang diberikan program pendidikan kesetaraan juga merupakan salah satu evaluasi dalam meningkatkan mutu layanan diantaranya terakreditasinya lembaga dan program pendidikan kesetaraan, sarana prasarana yang memadai, biaya pendidikan yang terjangkau, serta tutor yang profesional lulusan Sarjana. Strategi tersebut mampu menjadikan PKBM Citra Ilmu sebagai PKBM unggulan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Simpulan penelitian adalah strategi yang diterapkan dalam peningkatan mutu layanan pendidikan kesetaraan sama dengan strategi yang diterapkan pada PKBM pada umumnya, akan tetapi yang membedakan adalah pelayanan masing-masing pengelola PKBM baik itu pendiri, tutor atau staff terhadap warga belajar dan wali warga belajar. Saran yang diajukan penulis yaitu agar tetap mengikuti dan meningkatkan sarana prasarana perkembangan masa kini agar warga belajar siap menghadapi masa depan nantinya setelah lulus dari PKBM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mutu Layanan, PKBM, Strategi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Feb 2018 17:02
Last Modified: 06 Feb 2018 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29708

Actions (login required)

View Item View Item