STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERWAWASAN KONSERVASI LINGKUNGAN MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN BAN BEKAS DI DUSUN TETEP, KELURAHAN RANDUACIR, KECAMATAN ARGOMULYO, KOTA SALATIGA


Chairunnisa Yuliana Wulandari , 1201413026 (2017) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERWAWASAN KONSERVASI LINGKUNGAN MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN BAN BEKAS DI DUSUN TETEP, KELURAHAN RANDUACIR, KECAMATAN ARGOMULYO, KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya barang-barang bekas atau limbah kendaraan bermotor seperti ban motor yang sudah tidak digunakan lagi, menggerakkan anggota komunitas untuk memanfaatkan limbah menjadi barang-barang bernilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pemberdayaan, faktor-faktor yang mempengaruhi pemberdayaan dan dampak pemberdayaan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang diubah dengan kreatifitas masyarakat menjadi barang yang bernilai ekonomis, pemberdayaan tersebut juga terkait dengan kegiatan konservasi lingkungan karena memanfaatkan barang-barang bekas, selain bernilai ekonomis masyarakat juga diajak untuk peduli dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi kejujuran peneliti, sumber data, metode, dan teori. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi). Dan penelitian ini juga menggunakan factor pendukung dan penghambat internal serta eksternal untuk melengkapi data penelitian. Hasil penelitian ini adalah a) strategi pemberdayaan komunitas cukup bagus dan berhasil meningkatkan kesejahteraan para anggota dan pengelola secara ekonomi, anggota yang dulunya mengganggur atau tidak bekerja sekarang mendapat pekerjaan dan penghasilan, sedangkan untuk mantan buruh pabrik sekarang perekonomiannya menjadi lebih baik atau meningkat sekitar 50%; b) penghambat kegiatan yaitu modal minin dan peralatan yang kurang memadai sedangkan pendukungnya yaitu lingkungan kerja yang bagus dan menyenagkan; dan c) anggota mendapatkan keterampilan baru dari pelatihan di usaha kerajinan tangan seperti membuat dompet, tas, kalung, gelang dan lain-lain. Simpulan penelitian ini secara umum adalah pemberdayaan komunitas berhasil memberdayaakan anggota sehingga kehidupan anggota lebih sejahtera atau lebih baik daripada sebelumnya walaupun pada awal usaha tersebut dari modal yang kecil atau minim dan saran saya untuk pengelola, peralatan kerja lebih baik diperbaharui dan ditambah lagi agar hasil produksi menjadi lebih baik atau hasil produksi lebih meningkat serta untuk pemerintah harus lebih memperhatikan pengusaha kecil agar usahanya berkembang lebih baik daripada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat, strategi pemberdayaan, konservasi, usaha kerajinan tangan ban bekas.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Feb 2018 17:02
Last Modified: 06 Feb 2018 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29707

Actions (login required)

View Item View Item