Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Usaha Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus di Desa Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga


Siska Resiana , 1201413017 (2017) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Usaha Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus di Desa Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat yang masih kurang mengerti manfaat dari cacing dan beranggapan bahwa cacing merupakan hewan yang menjijikkan dan tidak banyak memiliki manfaat. Budidaya cacing Lumbicus rubellus adalah salah satu pengembangan berwirausaha yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1) Pemberdayaan masyarakat melalui program budidaya cacing Lumbricus rubellus, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program budidaya cacing Lumbricus rubellus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 pengelola pemberdayaan, 1 tutor pelatihan, 4 warga belajar, dan 1 dari pihak Dinas Pendidikan Kota Salatiga. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari hasil penelitian ini: 1) pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui usaha budidaya cacing Lumbricus rubellus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pelaksanannya yang diberikan dapat meningkatkan penghasilan ekonomi warga belajar. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan usaha budidaya cacing Lumbicus rubellus yaitu mampu menumbuhkan partisipasi yang tinggi dari masyarakat dan dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Salatiga. Selain itu beberapa faktor yang menghambat saat pelaksanaan yaitu terdapat hama tikus dan semut yang sering menyerang cacing serta dibutuhkan waktu yang lama saat dilakukan penggantian media. Simpulan yang dapat diambil yaitu pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui usaha budidaya cacing Lumbricus rubellus berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, mensejahterakan, meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi limbah dari kotoran sapi. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah perlunya memberikan modul pembelajaran terlebih dahulu sebelum pelaksanaan pelatihan berlangsung dan tindak lanjut yang dilakukan secara terpadu sehingga tercipta pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, pelatihan, budidaya cacing Lumbricus rubellus
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Tutoring
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Feb 2018 17:03
Last Modified: 06 Feb 2018 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item View Item