DETERMINAN KEPUTUSAN MELAKUKAN MIGRASI ULANG-ALIK (Studi Kasus Tenaga Kerja Asal Kota Surakarta Ke Kabupaten Karanganyar)


Rifqi Nur Fahmy , 7111413014 (2017) DETERMINAN KEPUTUSAN MELAKUKAN MIGRASI ULANG-ALIK (Studi Kasus Tenaga Kerja Asal Kota Surakarta Ke Kabupaten Karanganyar). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111413014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertambahan jumlah angkatan kerja dengan terbatasanya kesempatan kerja yang tidak seimbang di daerah asal akan mendorong tenaga kerja untuk melakukan migrasi ke daerah tujuan untuk bekerja atau memperoleh pekerjaan. Perbedaan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) juga menjadi faktor tenaga kerja untuk menentukan keputusan dalam bermigrasi. Selain faktor tersebut terdapat factor-faktor pendorong maupun penarik tenaga kerja untuk bermigrasi. Sehingga dari penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja melakukan migrasi ulang-alik. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh variabel beban tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, usia, status pernikahan, dan jarak secara parsial terhadap keputusan tenaga kerja melakukan migrasi ulang alik dari Kota Surakarta ke Kabupaten Karanganyar. Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis binary logistic regression. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan Teknik yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel dari populasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil dari analisis model binary logistic regression dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima variabel independen, terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan tenaga kerja untuk melakukan migrasi ulang-alik yaitu variabel beban tanggungan keluarga dan status pernikahan. Sedangkan variabel tingkat Pendidikan, usia, dan jarak tidak berpengaruh terhadap keputusan tenaga kerja untuk melakukan migrasi ulang-alik. Saran dari hasil penelitian ini antara lain pemerintah perlu meningkatkan program penyuluhan Keluarga Berencana bagi penduduk sehingga dapat membuat pernikahan mereka lebih terencana dalam mempunyai anak. Pemerintah perlu melakukan pelatihan ketrampilan terhadap tenaga kerja, Supaya tenaga kerja mempunyai bekal ketrampilan yang dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha, sehingga tenaga kerja dapat membuka usaha sendiri dengan ketrampilan yang dimiliki tanpa harus melakukan migrasi ulang-alik. Dengan demikian dapat memperkecil minat penduduk untuk melakukan migrasi ulang alik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Migrasi Ulang-Alik, Keputusan, Binnary Logistic Regression, Tenaga Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Feb 2018 13:23
Last Modified: 02 Feb 2018 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29704

Actions (login required)

View Item View Item