PENGARUH KUR, OMSET UMKM, JUMLAH TENAGA KERJA, DAN JUMLAH UMKM TERHADAP SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN PADA PDRB DI JAWA TENGAH


Neni Rohmatul Jannah , 7111413001 (2017) PENGARUH KUR, OMSET UMKM, JUMLAH TENAGA KERJA, DAN JUMLAH UMKM TERHADAP SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN PADA PDRB DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111413001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kredit usaha rakyat merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan UMKM terkait dengan masalah permodalan. Dimana UMKM merupakan bagian dari penunjang pertumbuhan ekonomi. Di Jawa Tengah UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap sektor industri pengolahan pada PDRB sebesar 35 persen dengan total kontribusinya adalah 12 milyar. Dengan adanya program Kredit Usaha rakyat diharapkan mampu mendorog pertumbuhan omzet UMKM. Ketika Omzet UMKM meningkat maka jumlah kontribusi UMKM terhadap sektor industri pengolahan juga meningkat. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang di peroleh dari publikasi Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik tahun 2011 kuartal 1 ampai dengan tahun 2016 kuartal 4. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi inier bergada dan menggunakan alat analisis regresi berganda yang terdapat pada eviews 9 . Hasil dari pengujian denganregresi linier berganda variabel realisasi KUR berpengaruh signifikan terhadap variabel sektor Industri Pengolahan pada PDRB di Jawa Tengah secara signifikan. Kemudian variabel omzet UMKM berpengaruh terhadap variabel sektor industri pengolahan pada PDRB di Jawa Tengah secara signifikan.Variabel jumlah tenaga kerja dan jumalh UMKM berpengaruh signifikan terhadap sektor industri pengolahan pada PDRB di Jawa Tengah. Variabel realisasi KUR , omzet UMKM, jumlah tenaga kerja dan jumlah UMKM secara bersama-sama berpengaruh pada sektor Indusri Pengolahan Pada PDRB di Jawa Tengah secara signifikan. Saran dari penelitian ini adalah pemerintah hendaknya meningkatkan jumlah realisasi KUR di Jawa Tengah agar omzet UMKM meningkat dan kontribusi UMKM terhadap sektor industri pengolahan pada PDRB juga meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kredit usaha rakyat,omzet UMKM, sektor industri pengolahan pada PDRB, analisis jalur
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Tradisional Market
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Feb 2018 13:16
Last Modified: 02 Feb 2018 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item View Item