PENGARUH INTEGRASI EKONOMI ASEAN DAN NON ASEAN TERHADAP EKSPOR KOMODITI KARET INDONESIA: TRADE CREATION ATAU TRADE DIVERSION


Anne Octaviani , 7111412072 (2017) PENGARUH INTEGRASI EKONOMI ASEAN DAN NON ASEAN TERHADAP EKSPOR KOMODITI KARET INDONESIA: TRADE CREATION ATAU TRADE DIVERSION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111412072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara dengan spesialisasi perdagangan pada produk-produk berbasis sumber daya alam. Salah satu sub sektor yang cukup besar potensinya adalah pertanian. Karet alam menjadi salah satu komoditi utama dalam sektor perkebunan setelah kelapa sawit. Keikutsertaan Indonesia dalam ASEAN sebagai sebuah integrasi ekonomi yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, salah satunya melalui perdagangan internasional. Harapannya, melalui kerjasama integrasi ekonomi dapat meningkatkan ekspor Indonesia khususnya komoditi karet. Tidak hanya Indonesia, namun Thailand dan Malaysia yang juga menjadi anggota ASEAN juga menjadi negara eksportir karet alam bagi ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh integrasi ekonomi ASEAN dan Non ASEAN terhadap ekspor komoditi karet Indonesia pada tahun 1990-2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan model gravitasi untuk melihat aliran perdagangan yang terjadi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dengan menggunakan metode analisis regresi data panel. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Effect dengan total sampel penelitian adalah 150 observasi yang terdiri dari enam negara yaitu Malaysia, Singapore, Vietnam, China, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan dengan Uji F dan t dengan tingkat signifikansi 95% (α = 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASEAN menyebabkan pengaruh trade diversion pada komoditi karet Indonesia. Perdagangan karet Indonesia lebih condong terhadap negara-negara di Non ASEAN dibandingkan di kawasan ASEAN. Hal ini disebabkan karena untuk kawasan ASEAN didominasi oleh Thailand dan Malaysia. Produk Domestik Bruto negara lain tidak berpengaruh signifikan terhadap Ekspor Karet Indonesia. Produk Domestik Bruto Indonesia, Jarak Ekonomis, Populasi, dan variabel Dummy (ASEAN) yang menjelaskan pengaruh trade cration dan trade diversion berpengaruh signifikan terhadap ekspor karet Indonesia. koefisien determinasi R2 sebesar 47% menunjukkan ix variabel independen mampu menjelaskan pengaruh sebesar 47% terhadap variabel dependen, sisanya 53% dijelaskan variabel lain di luar model. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu (1) pemerintah melakukan pengurangan ekspor karet alam dalam bentuk mentah (2) pemeliharaan pohon karet di Indonesia (3) peningkatan produksi dan pengoptimalan penyerapan pasar domestik (4) peningkatan kualitas karet, serta peran pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi komoditi karet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekspor; Produk Domestik Bruto; Jarak Ekonomis; Populasi; Model Gravitasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Feb 2018 12:54
Last Modified: 29 Mar 2019 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29697

Actions (login required)

View Item View Item