PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KELAS IV SD NEGERI I KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA


BUDI ROKHAYATI , 1402907203 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KELAS IV SD NEGERI I KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KELAS IV SD NEGERI I KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KELAS IV SD NEGERI I KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri I Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara masih rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkan pembelajaran yang efektif, inovatif, dan berpotensi untuk memperbaiki pembelajaran menulis. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN I Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, (2) apakah dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN I Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri I Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara melalui pendekatan kontekstual dan meningkatkan kualitas pembelajaran menulis deskripsi siswa melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN I Kaliajir Kecamatan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 29 anak dan guru kelas IV SDN I Kaliajir. Variabel penelitian adalah peningkatan keterampilan menulis deskripsi dan penerapan pendekatan kontekstual komponen inquiri. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan model penelitian tindakan kelas (dalam Suharsimi Arikunto,dkk.2007:16) yang merupakan bentuk kajian reflektif. Tehnik pengumpulan data berupa tes menulis observasi dan wawancara,. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif dengan menggunakan persentase sementara teknik kuantitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dan memberikan hasil tes prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari prasiklus ke siklus I, siklus II dan siklus III. Dari data tes diketahui terjadi peningkatan, yaitu dari 5,31 pada prasiklus menjadi 6,41 pada siklus I, meningkat menjadi 7,75 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 9,11 pada siklus III. Hasil analisis data nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku, memberikan respon positif terhadap pembelajaran menulis deskripsi. Hal ini terbukti dari senangnya siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual komponen inquiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa keterampilan menulis deskripsi dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN I Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara mengalami peningkatan. Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan pendekatan ini sebagai alternatif pembelajaran menulis deskripsi siswa melalui pendekatan kontekstual dan meningkatkan kualitas pembelajaran menulis deskripsi Purwanegara Kabupeten Banjarnegara

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Deskripsi, Kontekstual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2011 08:03
Last Modified: 25 Apr 2015 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item