STRATEGI PENGEMBANGAN GOA KREO SEBAGAI SALAH SATU DESTINASI DI KOTA SEMARANG


France Rani Boloni Girsang , 7111410043 (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN GOA KREO SEBAGAI SALAH SATU DESTINASI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111410043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki banyak tempat indah yang menarik untuk dikunjungi, sayangnya tak semua siap menjadi destinasi wisata. Ada syaratnya bila suatu tempat ingin menjadi destinasi wisata, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi suatu tempat untuk bisa menjadi destinasi wisata yang baik. Menurut Undang-undang, ada empat unsur yang menjadikan suatu destinasi itu destinasi wisata, unsur yang pertama adalah daya tarik, Infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, marketing. Bila semua hal ini ada, maka pengembangan destinasi akan berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan Goa Kreo sebagai salah satu destinasi di Kota Semarang, agar peluang yang ada dapat dimaksimalkan oleh kekuatan yang dimiliki Goa Kreo, dan juga agar kelemahan Goa Kreo dapat dibenahi serta ancaman dapat dihindari ke depannya. Sehingga membutuhkan kajian yang mendalam dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) maupun faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang dimiliki oleh perusahaan. Metode analisis yaitu SWOT (Strenght, Weakness, Opportunitis, Threat). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kekuatan utama Goa Kreo adalah adanya monyet ekor panjang yang berada di sekitar Goa Kreo, untuk kelemahan Goa Kreo itu sendirinya kurangnya tempat parkir Goa Kreo, peluangnya kebijakan pemerintah pusat menjadikan pariwisata sebagai prioritas, ancaman kurangnya alat transportasi umum menuju Goa kreo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas yang ada di Goa Kreo harus segera dibenahi sebaik mungkin, kurangnya tempat parkir harus diatasi secara cepat agar pengunjung dapat memarkirkan kendaraan mereka dengan aman karena berada di sekitar goa kreo, peluang yang dimiliki Goa kreo harus di respon dengan baik juga lalu untuk ancaman seperti transportasi harus disediakan transportasi umum menuju Goa Kreo sehingga pengunjung lebih banyak berkunjung ke Goa Kreo, jika semua sudah teratasi dengan baik maka dapat menarik kembali pengunjung dengan jumlah yang banyak sehingga Goa Kreo bisa menjadi destinasi unggulan di Kota Semarang, dengan kelebihan yang dipunya oleh Goa Kreo itu bisa mendatangkan wisatawan yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pariwisata, destinasi wisata, strategi pengembangan dan SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Populist Economy
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Feb 2018 11:47
Last Modified: 02 Feb 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29679

Actions (login required)

View Item View Item