PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU SISWA MENGKONJUGASIKAN KATA KERJA BAHASA PERANCIS SMA KELAS XI BAHASA


Septiana Muliyani , 2301410035 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU SISWA MENGKONJUGASIKAN KATA KERJA BAHASA PERANCIS SMA KELAS XI BAHASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301410035.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Prancis adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA. Salah satu materi yang diajarkan adalah pembelajaran kata kerja. Dalam pembelajaran tersebut siswa masih mengalami kesulitan, pembelajaran yang tidak dilakukan secara mendalam dan keterbatasan media pendukung. Maka dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa akan media pembelajaran tentang konjugasi pada kelas XI, (2) Bagaimanakah isi media dan desain pembelajaran interaktif bahasa Prancis tentang konjugasi pada siswa SMA kelas XI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran tetang konjugasi pada kelas XI, (2) Mengembangkan isi media dan desain pembelajaran interaktif bahasa Prancis tentang konjugasi pada siswa SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang memiliki sepuluh langkah penelitian, namun penelitian ini hanya mengadopsi lima langkah penelitian yakni: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) berdasarkan analisis kebutuhan, siswa dan guru membutuhkan media yang dapat membantu dalam mengkonjugasikan kata kerja pada kelas XI. (2) media yang dihasilkan berisi kata kerja yang dikonjugasikan, contoh kalimat yang dipadukan dengangambar, dan latihan soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kerja, Konjugasi, Macromedia Flash, Media
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 01 Feb 2018 17:29
Last Modified: 01 Feb 2018 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29673

Actions (login required)

View Item View Item