EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TENTANG KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS XI SMA


Hira Monica Anjar Pratiwi , 2301410025 (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TENTANG KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301410025.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (331kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Prancis, membaca merupakan salah satu keterampilan yang diajarkan di SMA. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMA N I Ungaran, diperoleh hasil bahwa pada umumnya pembelajaran keterampilan membaca lebih ditekankan pada membaca nyaring. Pembelajaran dilakukan dengan memberikan lembaran fotocopy yang berisi teks bacaan. Pemahaman teks diberikan secara global dengan menggali ide pokok secara bersama-sama. Selain itu, teks bacaan sering dinilai monoton karena kurang bervariasi dan tidak didukung visualisasi yang menarik. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran bahasa Prancis, salah satunya dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran membaca adalah buku cerita bergambar yang merupakan produk hasil dari penelitian pengembangan yang dihasilkan oleh Mugiharto (2013) yang berjudul pengembangan buku cerita bergambar tentang kehidupan sehari-hari untuk pembelajaran membaca siswa kelas XI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan media buku cerita bergambar untuk kemampuan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah static grup comparison. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Ungaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas digunakan metode test-retest yang hasilnya dikorelasikan dengan rumus productmoment. Untuk menguji hipotesis, digunakan teknik komparatif yaitu membandingkan hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ݐ௛௜௧௨௡௚ lebih besar daripada ݐ௧௔௕௘௟ (ݐ௛௜௧௨௡௚ = 1,94 >ݐ௧௔௕௘௟ = 1,72). Oleh karena itu, hipotesis yang menyatakan bahwa media buku cerita bergambar efektif untuk kemampuan membaca siswa kelas XI SMA N 1 Ungaran diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media buku cerita bergambar, membaca, membaca pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 01 Feb 2018 17:22
Last Modified: 01 Feb 2018 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item View Item