PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS KELAS XII SMA/ MA


Tutut Restiana Sari , 2301410021 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS KELAS XII SMA/ MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301410021.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (579kB) | Preview

Abstract

Bahasa Perancis merupakan bahasa yang baru untuk dipelajari siswa SMA. Dalam pembelajaran bahasa Perancis dibutuhkan media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu media yang efektif untuk pembelajaran menulis bahasa Perancis yaitu dengan menggunakan media komik. Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri ( http://www.e-jurnal.com:2013 6/10/2014 21:15). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media yang mampu memfasilitasi kebutuhan guru dalam pembelajaran menulis bahasa Prancis. Pengembangan yang dilakukan yaitu dengan memodifikasi media komik. Memodifikasi media komik dalam penelitian ini yaitu menjadikan komik sebagai bahan penunjang pembelajaran di kelas. Selain itu dengan bergantinya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 maka materi dalam media komik ini disesuaikan dengan silabus kurikulum 2013. Pengembangan media komik dipilih peneliti sebagai salah satu media alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Komik identik dengan buku bacaan yang berisi kalimat percakapan dalam balon dan terdapat pula gambar-gambar menarik di dalamnya. Apabila komik diterapkan pada pembelajaran, maka pada umumnya media komik digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman. Akan tetapi pada penelitian ini media komik digunakan pada pembelajaran menulis bahasa Perancis. Alasan peneliti memilih media komik, karena komik merupakan sebuah karya sastra yang diciptakan dengan cara ditulis. Isi komik berupa tulisan kalimat-kalimat percakapan yang membentuk sebuah alur cerita. Maka diharapkan dengan adanya media komik, siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Perancis, dapat terbantu dalam meciptakan sebuah karya baik berupa kalimat atau dalam bentuk dialog sederhana dengan media komik sebagai acuannya. Begitu juga dengan guru, diharapkan media ini dapat memenuhi kebutuhan guru akan bahan penunjang pembelajaran yang sesuai dengan silabus kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media komik, menulis bahasa Perancis
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 01 Feb 2018 17:19
Last Modified: 01 Feb 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29671

Actions (login required)

View Item View Item