DAMPAK EKONOMI BERKEMBANGNYA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE TERHADAP TRANSPORTASI UMUM KONVENSIONAL DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016 (STUDI KASUS GOJEK)


Anjas Pranata , 7111410007 (2017) DAMPAK EKONOMI BERKEMBANGNYA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE TERHADAP TRANSPORTASI UMUM KONVENSIONAL DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016 (STUDI KASUS GOJEK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111410007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Semarang sebagai salah satu kota besar di pulau Jawa dan Indonesia dianggap sebagai potensi pasar yang menarik karena sebagai pusat perkantoran, perdagangan dan jasa, industri dan pendidikan di Jawa Tengah tentunya memiliki gaya hidup yang menganggap smartphone sebagai pola hidup masyarakat kota. Selain hal tersebut, dinamika masyarakat kota membutuhkan sarana transportasi yang cepat, efisien, nyaman dan murah sebagai bagian untuk menunjang aktivitas dalam keseharian. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu pertama untuk mengetahui sistem pengoperasian transportasi berbasis online di kota Semarang. Kedua, untuk mengetahui dampak pengoperasian transportasi berbasis online terhadap transportasi konvensional di kota Semarang. Ketiga, untuk mengetahui respon masyarakat terhadap pengoperasian transportasi berbasis online di kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini meliputi data dari responden pengemudi Gojek, responden pengguna Gojek, responden para supir angkutan umum konvensional di Kota Semarang, hasil wawancara dengan Personalia PT Gojek Indonesia, Dinas Perhubungan dan Organda Kota Semarang. Sementara data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari publikasi BPS yang terdiri jumlah transportasi umum dan jenis pekerjaan penduduk Kota Semarang yang dirangkum dalam Semarang DalamAngka 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengoperasian Gojek di Kota Semarang terdiri dari 2 sistem yaitu sistem perekrutan calon anggota driver Gojek yang melalui beberapa tahap seperti wawancara, pengecekan kendaraan, dan perjanjian, serta sistem pemesanan Gojek yang menggunakan aplikasi yang tersedia di Playstore dan Appstore. Beroperasinya Gojek di Kota Semarang berdampak pada penurunan pendapatan para pengemudi transportasi umum konvensional berkisar antara 20-30%. Respon masyarakat terhadap beroperasinya Gojek di Kota Semarang masih didominasi oleh kalangan usia produktif yang lebih cepat merespon perkembangan teknologi dan fenomena sosial, seperti mahasiswa, pelajar SMA dan sarjana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Transportasi, Transportasi Berbasis Online
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Street Vendors
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 01 Feb 2018 15:18
Last Modified: 01 Feb 2018 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29670

Actions (login required)

View Item View Item