PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIS DI MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017


KOCO NEGORO , 7101413432 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IIS DI MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413432.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (908kB) | Preview

Abstract

Observasi awal di MAN 1 Magelang, diketahui bahwa prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi maupun melalui minat belajar dan motivasi belajar, menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi maupun melalui minat belajar dan motivasi belajar, menganalisis pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi maupun dengan melalui motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN 1 Magelang tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 215 siswa. Sampel yang diambil dengan menggunakan sampel jenuh atau jumlah populasi digunakan seluruhnya dalam objek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, minat belajar serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa, (4) minat belajar secara signifikan menjadi variabel intervening pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, (5) motivasi belajar secara signifikan menjadi variabel intervening pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajr dan motivsi belajar berperan sebagai intervening pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Saran yang dapat diberikan adalah pihak keluarga dan pihak sekolah mampu melakukan perbaikan kualitas lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah untuk meningkatkan dan memperbaiki minat serta motivasi siswa dalam belajar sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, VARIABEL INTERVENING, PRESTASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 01 Feb 2018 15:13
Last Modified: 01 Feb 2018 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29669

Actions (login required)

View Item View Item