MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) “SAHABAT” KELURAHAN LANGENSARI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Suwondo , 1201413016 (2017) MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) “SAHABAT” KELURAHAN LANGENSARI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang mengenai model pemberdayaan masyarakat melalui kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana proses, strategi, serta faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat melalui kelompok UPPKS “Sahabat”. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses, strategi, serta faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat melalui kelompok UPPKS “Sahabat”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara objektif suatu proses dan strategi yang diterapkan dalam model pemberdayaan masyarakat melalui kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera kelurahan Langensari. Subjek penelitian meliputi empat anggota UPPKS dan satu ketua UPPKS. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Dan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) proses pemberdayaan masyarakat menggunakan pendekatan partisipasi aktif, 2) strategi pemberdayaan masyarakat menerapkan pendekatan dan pendampingan kelompok, dan 3) faktor pendukung semua komponen dari Kabupaten sampai dengan Kelurahan sangat mendukung dengan adanya kelompok UPPKS, sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal dalam faktor penghambat ialah terlalu meremehkan pada saat kegiatan kelompok, sedangkan faktor eksternal dalam penghambatnya ialah kurangnya kerjasama dengan pihak luar yang berkaitan dengan dana tambahan. Simpulan penelitian ini adalah: proses pemberdayaan masyarakat dikatakan berhasil dalam membentuk iklim kelompok yang aktif, strategi yang diterapkan terlihat simpel dan mudah, bisa menjadikan anggota lebih nyaman, paham, dan semangat dalam produksi, faktor pendukung semua pihak ikut terlibat dalam kegiatan, dan faktor penghambat kurangnya kerja sama dengan pihak luar mengenai pencapaian dana. Saran penelitian ini adalah: kelompok seharusnya lebih menyadari dan tidak lagi menyepelekan hal-hal kecil yang tentunya dapat menghambat proses.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pemberdayaan Masyarakat, UPPKS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29665

Actions (login required)

View Item View Item