IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN PADA WANITA TUNA SUSILA (WTS) DI PANTI PELAYANAN SOSIAL WANITA WANODYATAMA SURAKARTA


Wahyu Krisyunanto , 1201413004 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN PADA WANITA TUNA SUSILA (WTS) DI PANTI PELAYANAN SOSIAL WANITA WANODYATAMA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Panti Pelayanan Sosial Wanita Wanodyatama Surakarta menjadi salah satu bentuk kepedulian untuk mengubah Wanita Tuna Susila yang melanggar norma di masyarakat menjadi lebih baik dengan memberikan layanan pelatihan keterampilan bagi wanita yang menjalani pekerjaan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana implementasi program pelatihan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Wanita Wanodyatama Surakarta? dan 2) kendala dalam implementasi program pelatihan keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Wanita Wanodyatama Surakarta?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian ini dilakukan di Panti Pelayanan Sosial Wanita Wanodyatama Surakarta. Subjek penelitian terdiri dari 1 pengelola (kepala), 3 Wanita Tuna Susila, dan 2 Instruktur. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa 1) tujuan diberikannya pelatihan keteraampilan menambah wawasan serta mengubah sikap dan perilakunya, waktu yang diberikan selama 6 bulan, sarana dan prasarana sudah lengkap, metode yang digunakan dengan menggunakan praktek langsung, dampak yang dirasakan menambah wawasan dan pengetahuan, materinya tiap hari berbeda–beda, harapan diberikannya pelatihan dapat mengembangkan skill ketika keluar dari panti. 2) kendala proses pelatihan yaitu partisipasi penerima manfaat, kendala proses pelatihan, partisipasi pengurus panti dalam kegiatan, dan dampak dari kendala. Simpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa pemberian pelatihan bertujuan untuk menambah wawasan dan menambah skill serta mengubah sikap dan perilaku. Peneliti memberikan saran 1) sumber materi tidak berasal dari satu sumber saja, 2) instruktur mempersiapkan materi untuk pertemuan berikutnya, 3) menggunakan metode yang lain tidak hanya praktek saja, 4) lebih sering melakukan evaluasi guna menghindari hal–hal yang tidak diinginkan, 5) sebaiknya diberikan ujian akhir dan memberikan reward bagi peserta yang rajin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pelatihan, Wanita Tuna Susila (WTS)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Prostitusi
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29662

Actions (login required)

View Item View Item