PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) UNTUK PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER WAJIB PRAMUKA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG


Adytya Wahyu Prasetyo , 1102413112 (2017) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) UNTUK PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER WAJIB PRAMUKA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah memenuhi kebutuhan kekurangan waktu dalam penyampaian materi, kurangnya sumber materi untuk pembina pramuka, pengefektifan pelatihan/pembelajaran bagi peserta didik dan sebagai alternatif media pembelajaran bagi pembina pramuka. Hal ini yang dialami oleh siswa/siswi dan pembina pramuka SMK Negeri 11 Semarang. Hal ini disebabkan oleh waktu pelatihan tiap minggu hanya satu jam (60 menit), pembina pramuka hanya diberikan sumber referensi, dan tidak adanya buku panduan atau buku pegangan bagi siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang diterapkan oleh pembina pramuka. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book pramuka untuk kelas 10 SMK Negeri 11 Semarang dan mengetahui keefektifan e-book pramuka untuk meningkatkan pelatihan dan pembelajaran siswa kelas 10 jurusan multimedia SMK Negeri 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Variabel dalam penelitian ini berupa kelayakan e-book serta keefektifannya yang diketahui dengan meningkatnya hasil pelatihan dan pembelajaran siswa/siswi. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode eksperimental one group pretest – posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes (observasi, wawancara, dan angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Hasil kelayakan e-book dari ahli media menyatakan bahwa sangat layak dengan rata-rata persentase 88,5% dan dari ahli materi menyatakan bahwa sangat layak untuk diterapkan dalam pelatihan dan pembelajaran dengan rata-rata persentase 86%. Selain itu, keefektifan e-book menunjukan peningkatan hasil pelatihan dan pembelajaran. Hasil pretest siswa/siswi adalah 47,2% tuntas dalam tes, sedangkan pada posttest siswa/siswi adalah 89% tuntas dalam tes. Peningkatan pelatihan dan pembelajaran siswa/siswi meningkat 41,8%. Siswa sebaiknya memiliki motivasi yang tinggi dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dikarenakan tujuan pembelajaran mandiri menggunakan e-book tidak akan tercapai jika minat belajar siswa rendah, sedangkan guru lebih membuka wawasan teknologi dan memanfaatkannya sebagai media dalam kegiatan pelatihan dan pembelajaran pramuka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-book, ekstrakurikuler, pembelajaran, pengembangan, pramuka.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item