STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN MENJAHIT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN EKA MULYA


Wahyu Adzimah , 1201412039 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PELATIHAN MENJAHIT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN EKA MULYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (677kB) | Preview

Abstract

Tingginya tingkat kelulusan setiap tahun sedangkan kesempatan kerja yang dapat diambil sangat kecil. Dalam kondisi usia produktif 18 – 35 tahun lapangan pekerjaan yang tersedia cukup tinggi, akan tetapi dihadapkan pada kurangnya syarat untuk diterima sebagai karyawan karena skills atau keterampilan yang dipunyai kurang memadai. Melalui suatu lembaga kursus dan pelatihan masyarakat mampu memenuhi kualifikasi dari perusahaan. LKP Eka Mulya merupakan salah satu lembaga pelatihan menjahit terutama menjahit garmen yang telah menerapakan strategi pembelajaran berbasis penempatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dapat menempatkan peserta pelatihan yang siap kerja dan mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat dalam strategi pembelajaran pada pelatihan menjahit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 7 responden yang terdiri dari informan utama yaitu 4 peserta pelatihan dan 1 instruktur serta 2 informan pendukung diluar subyek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran pelatihan menjahit di LKP Eka Mulya menerapkan strategi “Formula Anti Kanker”. Istilah Formula memberi makna Format Utama Lembaga dan Anti Kanker yaitu Analisis kebutuhan pelatihan, Pelatihan berbasis kompetensi, Sertifikasi dan Penempatan Kerja. Strategi pembelajaran pelatihan menjahit di LKP Eka Mulya menggunakan tiga strategi meliputi strategi pembelajaran langsung, tak langsung, dan mandiri. Faktor pendukung dalam menerapkan strategi “Formula Anti Kanker” yaitu 1) Lingkungan LKP Eka Mulya dikelilingi oleh Industri Garmen. 2) Visi dan Misi LKP Eka Mulya mendukung strategi Formula Anti Kanker. 3) Tersedianya sarana dan prasarana pelatihan yang sesuai standar DUDI. 4) Tersedianya tenaga pendidik dan kependidikan yang dibuktikan sertifikan kompetensi. 5) Tingginya dukungan dari berbagai pihak baik Pemerintah dan Swasta. Kendala yang dihadapi peserta pelatihan berasal dari berbagai kultur masyarakat dan pendidikan yang berbeda-beda sehingga memerlukan waktu, tenaga dan pemikiran dalam proses merubah wawasan masuk DUDI. Tidak mudah untuk memberikan pemahaman dan motivasi untuk beradaptasi kerja di Perusahaan atau dunia usaha. Simpulan yang dapat diambil yaitu LKP Eka Mulya telah menerapkan strategi “Formula Anti Kanker” dengan menggunakan tiga strategi meliputi strategi pembelajaran langsung, tak langsung, dan mandiri. Saran yang dapat diberikan perlu adanya penghargaan atau apresiasi kepada peserta pelatihan pelatihan. Serta dalam proses pembelajaran instruktur memberikan ice breaking kepada peserta pelatihan agar semangat mengikuti latihan tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Menjahit, Strategi Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > Tutoring
L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29656

Actions (login required)

View Item View Item