PERSEPSI NARAPIDANA ATAS MANFAAT HASIL BELAJAR DAN SOSIAL EKONOMI PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A WANITA SEMARANG


Widiastuti , 1201411065 (2017) PERSEPSI NARAPIDANA ATAS MANFAAT HASIL BELAJAR DAN SOSIAL EKONOMI PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A WANITA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (598kB) | Preview

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan sebagai unit pelaksana teknis dibidang pemasyarakatan, berperan untuk membina, membimbing, mendidik, memperbaiki, dan memulihkan keadaan serta tingkah laku para narapidana agar tidak mengulangi kesalahannya. Melalui program pelatihan sebagai salah satu ruang lingkup pembinaan kemandiran dengan maksud agar narapidana dapat berinteraksi dengan narapidana lain selama mengikuti keterampilan serta sebagai bekal narapidana dalam proses reintegrasi dengan masyarakat. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana persepsi narapidana atas manfaat hasil belajar pelatihan menjahit, bagaiman persepsi narapidana atas manfaat sosial ekonomi pelatihan menjahit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi narapidana atas manfaat hasil belajar setelah mengikuti pelatihan menjahit, mendeskripsikan persepsi narapidana atasmanfaat sosial ekonomi setelah mengikuti pelatihan menjahit. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 8 orang terdiri dari Kasie program pembinaan kemandirian, 1 Instruktur keterampilan dan 1 petugas Lembaga Pemasyarakat, 5 narapidana/ warga binaan yang mengikuti pelatihan menjait. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya manfaat hasil belajar antara lain: narapidana/ warga binaan lebih teratur dalam menjalani kehidupan didalam Lembaga Pemasyarakatan, bisa mengontrol emosi dan saling bertoleransi satu sama lain, mendapat pengetahuan dan keterampilan baru, lebih mandiri serta lebih percaya diri dengan keterampilan baru. Manfaat sosial pelatihan menjahit: mengembangkan interaksi sosial, memperluas jaringan komunikasi, mengembangkan hubugan sosial, pertumbuhan pribadi, meningkatkan produktifitas. Manfaat ekonomi: mendapat pekerjaan baru setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan, mendapat penghasilan/ premi, memperoleh jaringan wirausaha. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat adanya manfaat dari hasil belajar maupun manfaat sosial ekonomi pelatihan menjahit yang menghasilkan perubahan dalam sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pihak Lembaga Pemasyarakatan lebih meningkatkan fasilitas dalam bidang menjahit, mengingat narapidana yang ingin mengikuti pelatihan menjahit cukup banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi narapidana, manfaat pelatihan menjahit
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Tutoring
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29653

Actions (login required)

View Item View Item