PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN LIFE SKILL MENJAHIT PROGRAM PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG


Ahmad Mubtasim , 1201411045 (2017) PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN LIFE SKILL MENJAHIT PROGRAM PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (607kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan andragogi, kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan andragogi melalui metode demonstrasi pada pembelajaran life skill menjahit program paket C di UPTD SKB Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di UPTD SKB Susukan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumetasi. Subjek penelitian 3 warga belajar paket C, 1 tutor paket C, dan Kepala UPTD SKB Susukan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teori. Metode analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan andragogi melalui metode demonstrasi menjahit kejar paket C di UPTD SKB Susukan meliputi merencanakan, mempersiapkan demonstrator, mempersiapkan pengamat, melaksanakan demonstrasi cara, melaksanakan demonstrasi hasil, mempergunakan hasil, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Kendala yang hadapi diantarannya kurangnya perhatian serta konsentrasi beberapa warga belajar, terdapat mesin jahit yang rusak belum diperbaiki dan ruangan yang kurang memadahi. Solusinya dengan melengkapi dan memperbaiki peralatan yang kurang memadai. Menyajikan pembelajaran semenarik mungkin. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode demontrasi menjahit di UPTD SKB Susukan sudah berjalan cukup baik mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Kendala yang hadapi diantarannya kurangnya perhatian dan konsentrasi beberapa warga belajar, terdapat mesin jahit yang rusak belum diperbaiki. Solusinya dengan melengkapi dan memperbaiki peralatan dan menyajikan pembelajaran semenarik mungkin. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah peneliti menyarankan tutor memberikan motivasi yang lebih pada warga belajar. Memberikan bantuan modal kepada warga binaan setelah selesai mengikuti pelatihan agar dapat mendirikan usaha sendiri. Pengalaman warga tentang keterampilan menjahit diharapkan dapat langsung dipraktekkan dengan baik dan professional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Andragogi, Metode Demonstrasi, Life Skill, Program Paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item View Item