IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA PESANTREN (STUDI DI SMA UNGGULAN PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL)


Tina Rosiana , 1102413121 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA PESANTREN (STUDI DI SMA UNGGULAN PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413121.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (985kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya berbagai sekolah yang menawarkan berbagai keunggulan dalam menghasilkan output peserta didik baik diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta dibawah naungan yayasan. Salah satunya yaitu yaitu sekolah berbasis pesantren di SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan pendidikan keagamaan yang dilaksanakan dalam pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep sekolah berbasis pesantren, implementasi kurikulum 2013 serta kendala dan solusi yang dilaksanakan di SMA Unggulan Pondok Modern Selamat. Implementasi kurikulum 2013 difokuskan pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum SMA berbasis pondok pesantren menerapkan sistem pondok pesantren yang disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan yang sekolah dengan pola pendidikan 24 jam (full day school). Perencanaan kurikulum dilakukan diawal tahun pelajaran baru dengan mengadakan rapat perencanaan penyusunan kurikulum. Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh seluruh guru setiap mata pelajaran, penyusunan RPP disesuaikan pada silabus, program sekolah yang bercirikan pesantren dan kalender akademik. Struktur kurikulum sekolah disesuaikan dengan tujuan sekolah yaitu mengembangkan sekolah berbasis pesantren. Pelaksanaan kurikulum menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, media, metode dan evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dalam kurikulum 2013, keadaan siswa serta kesesuaian materi yang akan disampaikan. Kegiatan evaluasi pembelajaran mengacu pada penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi kurikulum dilakukan secara menyeluruh diakhir tahun untuk mengetahui hasil, efektifitas dari pelaksanaan dan tujuan kurikulum. Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah, waka kurikulum bersama pengawas sekolah dari dinas pendidikan kabupaten. Dalam proses implementasi kurikulum, dijumpai kendala yang disebabkan kurangnya kesadaran dan tanggung jawab SDM sekolah serta fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai. Solusi dalam mengatasi kendala implementasi kurikulum 2013 yaitu dengan peningkatan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran serta yayasan melakukan penambahan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, implementasi kurikulum 2013, pendidikan berbasis pesantren.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29651

Actions (login required)

View Item View Item