IMPLEMENTASI MODEL ABILITY GROUPING DAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM UJI COBA UJIAN NASIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA UNGGULAN PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL


Amalia Kiki Rahmawati , 1102413111 (2017) IMPLEMENTASI MODEL ABILITY GROUPING DAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM UJI COBA UJIAN NASIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA UNGGULAN PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413111.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi model pembelajaran Ability Grouping (AG) dan metode tutor sebaya dalam persiapan uji coba Ujian Nasional yang dilakukan pada kelas XII SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengukur perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas pintar, kelas sedang dan kelas rendah pada kelompok ability grouping dalam Uji Coba Ujian Nasional di SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh metode tutor sebaya dalam Uji Coba Ujian Nasional terhadap prestasi belajar siswa di SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal. Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan pengamatan tanpa memberikan perlakukan terhadap variabel bebas maupun terikat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, dimana data penelitian diperoleh melalui tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa setelah menggunakan model Ability Grouping antara kelas XII IPA A (tinggi), XII IPA B (sedang) dan XII IPA C (rendah) yang terlihat pada nilai rata-rata try out mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan analisis data diperoleh rata-rata 76,61% yang artinya siswa setuju dengan penerapan model AG. (2) penerapan metode tutor sebaya sangat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, terlihat dari nilai try out siswa kelas rendah (XII IPA C) yang mengalami peningkatan lebih unggul dari kelas yang lain. Dengan analisis data diperoleh rata-rata 77,18% yang artinya siswa setuju dengan penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran. Sekolah sebaiknya tidak menerapkan model AG dalam persiapan uji coba Ujian Nasional terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena hasil yang diperoleh setelah implementasi model AG dengan pembelajaran konvensional biasa hasilnya tidak jauh berbeda, lebih efektif dengan penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ability Grouping, tutor sebaya, uji coba/try out, prestasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:24
Last Modified: 01 Feb 2018 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29648

Actions (login required)

View Item View Item