PENGEMBANGAN E-MODUL DIKLAT TEKNIS ANALISA JABATAN MATERI DASAR-DASAR ANALISIS JABATAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BPSDMD) PROVINSI JAWA TENGAH


Linda Rakhmawati , 1102413108 (2017) PENGEMBANGAN E-MODUL DIKLAT TEKNIS ANALISA JABATAN MATERI DASAR-DASAR ANALISIS JABATAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BPSDMD) PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kondisi sumber belajar yang berupa modul masih belum memenuhi kebutuhan belajar peserta diklat. Hal ini disebabkan beberapa temuan masalah, yakni kondisi modul yang ada masih berupa bahan ajar/bacaan biasa tidak mengacu pada kompetensi dari tujuan pelaksanaan diklat. Selain itu belum terdapat modul dengan materi dasar-dasar analisis jabatan untuk pembelajaran diklat serta minimnya pemanfaatan potensi online guna menunjang pembelajaran. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul materi dasar-dasar analisis jabatan untuk diklat teknis analisa jabatan, mengetahui kelayakan dan keefektifan dari e-modul dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta diklat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Variabel dalam penelitian ini berupa kelayakan e-modul serta keefektifannya yang diketahui dengan meningkatnya hasil belajar peserta diklat. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode eksperimental one group pretest – posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes (observasi, wawancara, dan angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Hasil kelayakan e-modul dari ahli menyatakan bahwa sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan persentase 93,25%.Selain itu, keefektifan e-modul menunjukan peningkatan hasil belajar materi dasar-dasar analisis jabatan untuk diklat teknis analisa jabatan di BPSDMD Provinsi Jateng. Hasil pretest adalah 45,45% peserta diklat tuntas dalam tes, sedangkan pada posttest adalah 87,87% peserta diklat tuntas dalam tes. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat 42,42%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul digunakan sebagai pelengkap dari aspek penilaian keterampilan dan sikap kerja telah sesuai dengan analisis kebutuhan yang ada dan telah teruji keefektifannya.Sehubungan dengan hal tersebut, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menggabungkan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja menjadi satu kesatuan dalam modul, bagi praktisi lebih memanfaatkan pembelajaran online yang telah ada, serta bagi bidang penyusunan modul untuk memperbaiki struktur modul. Tujuan pembelajaran diklat tidak akan tercapai jika kesadaran akan tuntutan pekerjaan untuk selalu mengembangkan kompetensi kerja berada pada kualifikasi rendah sedangkan pengajar dapat melakukan pemantauan dan evaluasi sebagai aktualisasi pembelajaran peserta diklat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: diklat, elektronik modul, keefektifan, kelayakan, pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:24
Last Modified: 01 Feb 2018 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29646

Actions (login required)

View Item View Item