EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL AL QUR’AN KELAS IV DI SD ISLAM TERPADU AL MADINAH CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI


Alfi Setiani , 1102413080 (2017) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL AL QUR’AN KELAS IV DI SD ISLAM TERPADU AL MADINAH CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dilatarbelakangi adanya penurunan standar target hafalan siswa dari 10 juz menjadi 6 juz dan peringkat untuk hafalan Al Qur’an di SD Islam Terpadu Cepogo masih kalah dengan jenjang SD yang dibawah yayasan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Tahfidzul Al Qur’an di SDIP Al Madinah Cepogo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah 1 orang, guru Tahfidz 12 orang, wali murid dan siswa kelas IV SDIP Al Madinah Cepogo 36 orang. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Dengan mengambil sampel dari seluruh jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas kontruk. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa : 1) konteks meliputi kebutuhan program telah sesuai dengan tujuan Program Tahfidzul Al Qur’an, tujuan tersebut cukup sesuai dengan tujuan SDIP Al Madinah Cepogo. 2) masukan meliputi kualifikasi tenaga pendidik menunjukan kategori cukup baik yaitu 81%, kualifikasi peserta didik menunjukan persentase 75% yaitu cukup baik, kualitas sarana dan prasaran menunjukan persentase 81% dengan kategori baik dan alokasi anggaran menunjukan hasil yang cukup baik. 3) proses meliputi proses pelaksanaan Program Tahfidzul Al Qur’an yang memiliki kategori cukup baik yaitu dengan persentase 73%. 4) produk meliputi pencapaian hasil Program Tahfidzul Al Qur’an kelas IV yang masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 78%, namun untuk sisi kelancaran masih perlu diperbaiki. Dari hasil penelitian, secara garis besar hasil evaluasi Program Tahfidzul Al Qur’an dalam kategori cukup baik. Rekomendasi bagi pihak sekolah agar melakukan evaluasi dan monitoring Program Tahfidzul Al Qur’an secara berkala, selain itu perlu melakukan pengefektifan pada buku kendali untuk wali murid dan kegiatan di luar jam pembelajaran bagi siswa dengan metode drill dan guru non tahfidz. Saran bagi kepala sekolah untuk menindaklanjuti hasil evaluasi, bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan hafalan Al Qur’an, bagi wali murid untuk meningkatkan bimbingan hafalan anak dan bagi peneliti untuk mengembangkan evaluasi dengan model CIPP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Tahfidzul Al Qur’an, CIPP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:24
Last Modified: 01 Feb 2018 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29642

Actions (login required)

View Item View Item