EVALUASI PROGRAM FASILITASI PENGEMBANGAN KURIKULUM MULOK BAHASA JAWA TINGKAT SMA OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017


Tuti Awaliyah , 1102413076 (2017) EVALUASI PROGRAM FASILITASI PENGEMBANGAN KURIKULUM MULOK BAHASA JAWA TINGKAT SMA OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Pengembangan Kurikulum Mulok Bahasa Jawa Tingkat SMA yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah merupakan kegiatan tahunan yang pesertanya adalah guru muatan lokal Bahasa jawa se-jawa tengah. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menginformasikan kebijakan-kebijakan baru serta perubahaan terkait mata pelajaran Bahasa Jawa Kurikulum 2013. Melihat pentingnya program tersebut bagi para guru Bahasa Jawa se-jawa Tengah peneliti bertujuan untuk mengevaluasi program kegiatan tersebut. Tujun dari penelitian evaluasi tersebut peneliti ingin mengetahui tingkat keberhasilan program tersebut dengan cara mengevaluasi secara keseluruhan mulai dari context, input, process dan product (CIPP). Fokus masalah yang diteliti adalah apakah kegiatan tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, bagaimana sarana dan prasarana yang disediakan, bagaimana tingkat keberhasilan pelaksanaan dan bagaimana hasil yang didapatkankan oleh peserta. Penelitian yang gunakan oleh peneliti ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Dalam kegiatan evaluasi CIPP, ada empat macam fokus evaluasi yang akan peneliti lakukan yaitu evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process dan evaluasi product. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan yaitu wawancara untuk kualifikasi context (konteks) dan input (masukan) mendapatkan hasil yang baik di lihat dari hasil wawancara dengan narasumber dan penanggung jawab acara dan untuk hasil kualifikasi process (proses) dapat disimpulkan telah berjalan dengan “baik”, Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian skor tertinggi komponen proses yaitu sebesar 55% berada pada kategori “baik” dan untuk kualifikasi product (hasil) dapat disimpulkan telah berjalan dengan “ sangat baik”, Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian skor tertinggi komponen proses yaitu sebesar 65% berada pada kategori “sangat baik”. Sehingga secara keseluruhan pelaksanaan Fasilitasi Pengembangan Kurikulum Mulok Bahasa Jawa SMA dapat dikatakan baik, dan harus terus ditingkatkan pelaksanaannya dengan cara pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan khususnya Bidang Pembinaan Kurikulum SMA hendaknya melakukan perubahan dengan selalu mengganti konten materi kegiatan Fasilitasi Pengembangan Kurikulum Mulok Bahasa Jawa SMA serta me-rolling perwakilan peserta kegiatan dari setiap kab upaten/kota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pengembangan Kurikulum, Mulok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:25
Last Modified: 01 Feb 2018 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item