PENGARUH PROGRAM ONE STUDENT ONE PC TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ DI SMK SLAMET RIYADI GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN


Naili Nikhla Septiyani , 1102413069 (2017) PENGARUH PROGRAM ONE STUDENT ONE PC TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ DI SMK SLAMET RIYADI GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di SMK Slamet Riyadi Gemolong dikatakan kurang efektif. Khususnya pada mata pelajaran instalasi sitem operasi berbasis GUI (install windows) karena satu PC digunakan banyak siswa. Sehingga peneliti meggunakan program one student one PC sebagai salah satu tehnik pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model dalam melakukan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar, oleh karena itu model yang digunakan harus disesuaikan berdasarkan dengan permasalahan yang ada dalam SMK Slamet Riyadi Gemolong. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian eksperimen, dengan tehnik dalam pembelajaran menggunakan program One Student One PC. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Slamet Riyadi Gemolong, yang berjumlah 30 siswa. Peneliti melakukan pengamatan saat pembelajaran berlangsung dan yang mengajar yaitu guru kelas mata pelajaran instalasi sistem operasi berbasis GUI. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua sub pokok dalam penelitian, yaitu pre-test dan post-test. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pre-test belajar siswa menunjukkan presentase rata-rata tes sebesar 49,89 dan meningkat pada hasil tes post-test sebesar 87,82 mengalami peningkatan sebesar 37,93%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah adanya program one student one PC. Pengaruh dari program one student one PC dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Simpulan dalam penelitian ini yaitu, program One Student One PC mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI sesuai dengan installation manual di SMK Slamet Riyadi Gemolong. Guru dapat memanfaatkan dengan melihat gambaran pelaksanaan program one student one PC dan dijadikan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran instalasi sistem operasi berbasis GUI (install windows).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: One Student One PC, Hasil Belajar, Instalasi Sistem Operasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:25
Last Modified: 01 Feb 2018 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

View Item View Item