KEEFEKTIFAN CUE CARD SEBAGAI MEDIA PEMELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF KALA LAMPAU BAHASA PRANCIS BAGI MAHASISWA SEMESTER 2 UNNES


Yuliana Safitri, 2301410019 (2016) KEEFEKTIFAN CUE CARD SEBAGAI MEDIA PEMELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF KALA LAMPAU BAHASA PRANCIS BAGI MAHASISWA SEMESTER 2 UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301410019.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah proses mengemukakan gagasan dalam bentuk bahasa tulis. Salah satu kegiatan menulis adalah menulis deskriptif. Karangan deskriptif adalah karangan yang menceritakan suatu objek atau seseorang untuk menginformasikan suatu hal kepada pembaca. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, mahasiswa belum dapat menulis deskriptif dengan baik dan benar, mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun kalimat dan mengingat kosakata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan media Cue Card dalam menulis deskriptif tentang la vie de tous les jours bagi mahasiswa semester 2 prodi pendidikan bahasa Prancis Unnes. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test and posttest group. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 prodi pendidikan bahasa Prancis Unnes. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Tingkat kepercayaan instrument diukur dengan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Cue Card efektif dalam pemelajaran menulis deskriptif tentang la vie de tous les jours bagi mahasiswa semester 2 prodi pendidikan bahasa Prancis Unnes. Hasil t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu thit = 7,4 > ttab = 2,09.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Cue Card, menulis, paragraf deskriptif.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 01 Feb 2018 17:14
Last Modified: 01 Feb 2018 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29638

Actions (login required)

View Item View Item