PENGEMBANGAN FILM PENDEK SEBAGAI MEDIA BERBICARA BAHASA PRANCIS SMA KELAS XII SEMESTER SATU


Raras Mustika Wardhani , 2301410012 (2015) PENGEMBANGAN FILM PENDEK SEBAGAI MEDIA BERBICARA BAHASA PRANCIS SMA KELAS XII SEMESTER SATU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301410012.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (342kB) | Preview

Abstract

Kurikulum baru sudah dilaksanakan sejak tahun 2013. Dengan adanya kurikulum baru tersebut, belum ada bahan ajar yang sesuai untuk mata pelajaran bahasa Prancis. Di SMA, keterampilan berbicara jarang diajarkan dikarenakan keterbatasan waktu. Untuk mengatasi keterbatasan waktu diperlukan media pembelajaran yang membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan wawancara, belum ada media khusus dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Guru-guru terbatas pada penggunaan gambar atau pun perintah soal berbicara yang ada di dalam BCA. Untuk mengatasi keterbatasan media tersebut, peneliti akan mengembangkan media yang berbentuk film dengan durasi antara dua hingga lima menit. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan film pendek sebagai media berbicara bahasa Prancis siswa SMA kelas XII semester satu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (Sugiono, 2010:407). Mempertimbangkan lamanya waktu pelaksanaan penelitian serta dana dan tenaga dalam mengembangkan media film, maka peneliti hanya mengadopsi lima dari sepuluh langkah, diantaranya: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan film pendek untuk keterampilan berbicara bahasa Prancis berjudul Le Passe-temps yang dikemas dalam bentuk CD. Ada tiga film dimana masing-masing film dilengkapi dengan tampilan kosa kata, contoh, dan latihan berbicara. Materi untuk ketiga film tersebut antara lain (1)dire ce que l’on aime et ce que l’on n’aime pas,(2)donner les opinions sur quelque choses (le film, le repas et la musique), dan (3)donner des informations. Setelah dilakukan validasi produk sebanyak dua kali, maka produk revisi kedua ini telah menjadi produk final yang siap untuk diuji cobakan di lapangan. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film, Media, Berbicara, Bahasa Prancis, SMA
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 01 Feb 2018 13:10
Last Modified: 01 Feb 2018 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29637

Actions (login required)

View Item View Item