PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGMUTIH I DEMAK
Inayatul Alifviani , 4201405531 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGMUTIH I DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGMUTIH I DEMAK)
- Published Version
Download (964kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar masih didominasi guru yang menggunakan metode ceramah dan kurang dapat melatih siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif karena siswa tidak diberikan pengalaman langsung dalam belajar sains, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah dan kegiatan belajar siswa belum menyentuh peran siswa untuk melakukan kerja ilmiah dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kedungmutih I Demak dengan menggunakan model pembelajaran CLIS. Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) adalah model pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatu masalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide atau gagasan berdasarkan hasil pengamatan dan percobaan. Model pembelajaran ini terdiri atas lima tahap yaitu orientasi, pemunculan gagasan, penyusunan ulang gagasan, penerapan gagasan dan pemantapan gagasan. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil keterampilan berpikir ilmiah, kemampuan afektif serta kemampuan psikomotorik diperoleh dari hasil pengamatan berupa lembar observasi sedangkan kemampuan kognitif diperoleh dari hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal pada keterampilan berpikir ilmiah dan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal keterampilan berpikir ilmiah siswa sebesar 71,88% menjadi 93,75% pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 71,88% menjadi 93,75% pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa pada siklus I 78,13% menjadi 93,75% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 78,13% menjadi 93,75% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), Keterampilan Berpikir Ilmiah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 07:27 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2963 |
Actions (login required)
View Item |