PERANCANGAN VISUAL CITY BRANDING DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI KOTA WISATA PARAP AT
Marta Palensi Sitanggang , 2411411004 (2016) PERANCANGAN VISUAL CITY BRANDING DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI KOTA WISATA PARAP AT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (590kB) | Preview |
Abstract
Saat ini city branding menjadi hal yang penting untuk dimiliki sebuah kota wisata. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya destinasi wisata yang ada di seluruh dunia sehingga setiap kota dapat menunjukkan ciri khas yang dimiliki masing-masing. Kota Parapat adalah kota wisata di Sumatera Utara yang belum memiliki brand. Itulah sebabnya identitas visual city branding kota Parapat diangkat dengan tujuan untuk menghasilkan rancangan identitas visual city branding kota wisata Parapat berupa logo, slogan (tagline) yang diaplikasikan pada berbagai bauran promosi sehingga kota Parapat diharapkan siap untuk dipromosikan. Dalam berkarya diwujudkan ide-ide dengan mengangkat seni dan budaya lokal. Kesenian yang diangkat menjadi bentuk visual adalah motif ulos Sadum, warna tradisional Toba dan ornamen Gorga. Tahapan awal bekerja yakni mengumpulkan sumber data dan pencarian ide melalui berbagai media cetak maupun elektronik. Tahapan berikutnya adalah realisasi ide dalam bentuk sketsa gambar melalui komputer dengan menggunakan program Corel Draw X5 dan Adobe Photoshop CS6. Gambar final atau hasil akhir yang didapatkan disimpan dalam bentuk file .png, .cdr, dan .jpg. Sumber inspirasi tulisan dan karya didapat dari buku dan internet. Dalam proyek studi ini disajikan 8 karya dengan ukuran yang berbeda beserta deskripsi dan analisisnya. Melalui proyek studi ini telah mencapai tujuan yaitu menghasilkan rancangan identitas visual city branding kota Parapat berupa logo, tagline, maskot dan ilustrasi. Selain itu terdapat juga media promosi (banner, poster, katalog dan multimedia interaktif), stationary dan merchandise. Dari semua pembahasan mengenai karya maka karya desain identitas visual city branding kota Parapat dapat menjadi reminder bagi setiap pihak untuk memperbaiki dan memajukan potensi wisata kota Parapat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VISUAL CITY BRANDING, APLIKASI, MEDIA PROMOSI, KOTA WISATA |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > ND Painting |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 18:37 |
Last Modified: | 31 Jan 2018 18:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29623 |
Actions (login required)
View Item |