PERANCANGAN ULANG LOGO THE FOUNTAIN WATERPARK AND RESTO UNGARAN SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PERUSAHAAN BESERTA PENERAPANNYA


Kurnia Budi Hastoro , 2411410065 (2016) PERANCANGAN ULANG LOGO THE FOUNTAIN WATERPARK AND RESTO UNGARAN SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PERUSAHAAN BESERTA PENERAPANNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411410065.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (709kB) | Preview

Abstract

Persaingan di bidang bisnis jasa rekreasi air di wilayah Semarang dan sekitarnya semakin ketat. Untuk menghadapi persaingan di bidang bisnis jasa rekreasi air, pengelola The Fountain menjalankan strategi pemasaran baru, dengan diberlakukannya promo harga tiket masuk sebesar Rp.10.000,00 (Senin-Jumat), dan Rp. 15.000 (Sabtu, Minggu, dan hari besar). Logo yang sekarang dipakai, sudah pernah dirancang ulang seiring dengan dijalankannya strategi pemasaran tersebut diatas. Namun secara visual, logo hasil rancangan ulang ini tidak berbeda jauh dan tidak menampilkan sebuah penyegaran. Tujuan dari proyek ini adalah, untuk menghasilkan rancangan logo baru The Fountain Waterpark and Resto Ungaran sebagai perwujudan dari visi, misi, serta semangat seluruh bagian dari The Fountain atas peluncuran strategi pemasaran baru, yang juga memperhatikan aspek estetika, serta mampu menampilkan citra positif The Fountain, beserta penerapannya pada building identification sign, booth penjualan tiket, billboard, signboard, papan peraturan pengunjung, papan penunjuk tempat parkir kendaraan roda dua, daftar menu makanan dan minuman, serta leaflet. Proses perancangan ulang logo beserta penerapannya ini melalui beberapa tahap, yaitu Preliminery Plan, Praproduksi, Produksi, dan Pascaproduksi. Preliminery Plan berisi kegiatan riset, menyusun strategi penetapan khalayak sasaran, penentuan konsep, pemilihan media, menetapkan strategi distribusi media, dan menyusun budgetting. Praproduksi berisi kegiatan pemotretan, seleksi dan reduksi foto, dan pembuatan skets alternatif desain. Produksi berisi pelaksanaan konversi skets menjadi vektor, layouting (computerized), konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, dan pencetakan (print out), atau publishing. Pascaproduksi berisi kegiatan persiapan pameran, dan pameran. Konsep desain logo baru The Fountain memiliki dua kata kunci, yaitu sederhana dan segar. Logo ini dirancang sebagai pengganti logo lama The Fountain. Dalam logo baru The Fountainini, digunakan sebuah ikon penyederhanaan dari hewan Katak Gunung Ungaran (philautus jacobsoni), satwa endemik di Gunung Ungaran. Pemilihan katak sebagai ikon dalam logo The Fountain ini, tidak lepas dari karakter hewan amfibi yang memiliki kemampuan hidup di dua dunia, yaitu darat dan air. Dua dunia tersebut mewakili dua layanan utama yang ditawarkan oleh The Fountain, yaitu wahana rekreasi air dan restoran. Media penerapan logo baru The Fountain, yaitu: building identification sign, booth penjualan tiket, billboard, signboard, papan peraturan pengunjung, papan penunjuk tempat parkir kendaraan roda dua, daftar menu makanan dan minuman, serta leaflet. Setelah melalui proses perancangan logo beserta penerapannya, maka tercapai tujuan proyek studi ini, yaitu menghasilkan sebuah logo sebagai perwujudan dari visi, misi, serta semangat seluruh bagian dari The Fountain atas peluncuran strategi pemasaran baru, yang juga memperhatikan aspek estetika, serta mampu menampilkan citra positif The Fountain, beserta media penerapan logo baru The Fountain, yaitu: building identification sign, booth penjualan tiket, billboard, signboard, papan peraturan pengunjung, papan penunjuk tempat parkir kendaraan roda dua, daftar menu makanan dan minuman, serta leaflet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perancangan Ulang Logo, The Fountain Waterpark and Resto Ungaran, Identitas Visual Perusahaan.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 31 Jan 2018 18:33
Last Modified: 31 Jan 2018 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29621

Actions (login required)

View Item View Item