DETERMINAN KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNTUK BERKARIR DI LUAR PROFESI GURU (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013)


Laili Rosnawati , 7101413033 (2017) DETERMINAN KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNTUK BERKARIR DI LUAR PROFESI GURU (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (766kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Akuntansi merupakan salah satu prodi keguruan yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi guru yang profesional. Namun saat ini, untuk menjadi guru harus melalui persaingan yang sangat ketat dikarenakan dalam tiap tahunnya, kuota penerimaan guru yang tidak sebanding dengan jumlah lulusan sarjana pendidikan yang bisa mencapai ratusan ribu orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan keluarga, prestasi akademik, lingkungan teman sebaya, kualitas informasi dunia kerja dan efikasi diri terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk berkarir di luar profesi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 di Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 171 mahasiswa yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk berkarir di luar profesi guru dipengaruhi oleh lingkungan teman sebaya dan efikasi diri. Sedangkan kesiapan mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk berkarir di luar profesi guru tidak dipengaruhi oleh prestasi akademik dan kualitas informasi dunia kerja. Prestasi akademik tidak dipengaruhi oleh dukungan kelurarga. Lingkungan teman sebaya dipengaruhi oleh dukungan keluarga. Kualitas informasi dunia kerja dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan lingkungan teman sebaya. Efikasi diri dipengaruhi oleh lingkungan teman sebaya dan kualitas informasi dunia kerja tetapi tidak dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan prestasi akademik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa Pendidikan Akuntansi dalam kategori siap. Saran bagi pihak-pihak yang terlibat agar senantiasa meningkatkan kualitas diri dan memberikan arahan serta bimbingan dalam rangka menyiapkan lulusan untuk berkarir di luar profesi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Dukungan Keluarga, Prestasi Akademik, Lingkungan Teman Sebaya, Kualitas Informasi Dunia Kerja, Efikasi Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:59
Last Modified: 15 May 2019 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29617

Actions (login required)

View Item View Item