INTENSI MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI BURSA EFEK INDONESIA (Kajian dengan Menggunakan Technology Acceptance Model)


Silfi Maulidah , 7101413028 (2017) INTENSI MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI BURSA EFEK INDONESIA (Kajian dengan Menggunakan Technology Acceptance Model). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuk Nabung Saham merupakan salah satu program Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang guna menarik minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami efektivitas program menabung saham dikalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pengembangan Technology Acceptance Model (TAM) meliputi enam variabel, yakni perceived ease of use (PEU), perceived usefulness (PU), persepsi kontrol perilaku (PKP) dan intensi berinvestasi (I) sebagai variabel endogen serta norma subjektif (NS) dan pengetahuan (P) sebagai variabel eksogen. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi yang berpartisipasi dalam kegiatan Yuk Nabung Saham. Sampel dalam penelitian ini diperoleh menggunakan propotionate random sampling sebanyak 250 mahasiswa. Hasil path analysis menunjukkan bahwa intensi mahasiswa untuk berinvestasi dipengaruhi oleh perceived usefulness, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Sedangkan intensi berinvestasi dikalangan mahasiswa tidak dipengaruhi oleh perceived ease of use dan pengetahuan. Perceived usefulness secara signifikan dipengaruhi oleh norma subjektif, persepsi kontrol perilaku dan pengetahuan. Perceived ease of use dipengaruhi oleh persepsi kontrol perilaku dan pengetahuan. Hasil analisis deskriptif TAM menunjukkan bahwa intensi berinvestasi saham dikalangan mahasiswa cukup tinggi dan sebagai saran agar program ini terus untuk dilaksanakan. Saran bagi Unnes khususnya Fakultas Ekonomi diharapkan dapat meningkatkan intensitas pembelajaran dan pelatihan berkenaan dengan manajemen investasi sehingga nantinya dapat memberikan pengalaman mahasiswa dalam praktek berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Yuk Nabung Saham, Technology Acceptance Model, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, pengetahuan, intensi berinvestasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:59
Last Modified: 15 May 2019 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29615

Actions (login required)

View Item View Item