PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI DAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB DENGAN COMPUTER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BATIK SAKTI 1 KEBUMEN
Fitri Ngafifah , 7101413025 (2017) PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI DAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB DENGAN COMPUTER ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BATIK SAKTI 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (416kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar komputer akuntansi MYOB dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kompetensi akuntansi, kompetensi komputer, dan computer attitude. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi akuntansi, kompetensi komputer, dan computer attitude terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Computer attitude selain sebagai variabel independen juga sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 132 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 132 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif, regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil uji regresi berganda model pertama menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka kompetensi akuntansi, kompetensi komputer, dan computer attitude berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB. Hasil uji regresi berganda model kedua menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka kompetensi akuntansi dan kompetensi komputer berpengaruh signifikan terhadap computer attitude. Hasil uji sobel untuk kedua persamaan menunjukkan t hitung yang lebih besar dari t tabel, maka terdapat pengaruh mediasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif signifikan kompetensi akuntansi, kompetensi komputer, dan computer attitude terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB dan computer attitude memediasi pengaruh kompetensi akuntansi dan kompetensi komputer terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi guru untuk meningkatkan kompetensi akuntansi, kompetensi komputer dan computer attitude siswa karena hal tersebut berkaitan dengan hasil belajar komputer akuntansi MYOB
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB, Kompetensi Akuntansi, Kompetensi Komputer, Computer Attitude. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 13:59 |
Last Modified: | 15 May 2019 13:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29614 |
Actions (login required)
View Item |