“PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, EFIKASI DIRI, BIMBINGAN KARIR, DAN PENGUASAAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 KEBUMEN DAN SMK TAMTAMA PREMBUN TAHUN AJARAN 2016/2017”


Nurul Ngaini , 7101413013 (2017) “PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, EFIKASI DIRI, BIMBINGAN KARIR, DAN PENGUASAAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 KEBUMEN DAN SMK TAMTAMA PREMBUN TAHUN AJARAN 2016/2017”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu institusi pendidikan yang secara khusus bertujuan mempersiapkan peserta didik agar siap bekerja, baik bekerja secara mandiri maupun mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Berdasarkan data observasi awal di SMK N 1 Kebumen maupun SMK Tamtama Prembun menunjukkan bahwa belum semua lulusan terserap secara optimal, khususnya untuk jurusan Akuntansi. Lulusan SMK N 1 Kebumen maupun SMK Tamtama Prembun jurusan Akuntansi yang bekerja di bidang Akuntansi pada tahun 2016 sebesar <5%. Hal ini dikarenakan kurang siapnya siswa dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kejuruan, Efikasi Diri, Bimbingan Karir, dan Penguasaan Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK N 1 Kebumen dan SMK Tamtama Prembun Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 209 siswa. Total anggota sampel adalah 137 siswa dengan rincian 93 siswa SMK N 1 Kebumen dan 44 siswa SMK Tamtama Prembun yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Penelitian menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan data. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan pengujian uji asumsi klasik tidak ditemukan gejala pengganggu. Untuk pengujian hipotesis t pada siswa kelas XII Akuntansi SMK N 1 Kebumen dan SMK Tamtama Prembun variabel persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, efikasi diri, bimbingan karir, dan penguasaan soft skills terbukti berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, efikasi diri, bimbingan karir, dan penguasaan soft skills berpengaruh terhadap kesiapan kerja baik siswa kelas XII Akuntansi SMK N 1 Kebumen dan SMK Tamtama Prembun. Tidak terbukti bahwa terdapat perbedaan rata-rata secara statistik pada variabel bimbingan karir, penguasaan soft skills dan kesiapan kerja, sedangkan persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan dan efikasi diri terbukti terdapat perbedaan rata-rata secara statistik. Saran yang diberikan untuk meningkatkan kesiapan kerja, sebaiknya siswa membekali dirinya dengan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sangat dibutuhkan untuk dapat terjun dalam dunia kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kejuruan, Efikasi Diri, Bimbingan Karir, dan Penguasaan Soft Skills
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:58
Last Modified: 15 May 2019 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29612

Actions (login required)

View Item View Item