PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, PENGALAMAN PRAKERIN, INTERNAL LOCUS OF CONTROL, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMK N 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN
Khomsatun , 7101413011 (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, PENGALAMAN PRAKERIN, INTERNAL LOCUS OF CONTROL, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMK N 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Era globalisasi yang semakin pesat menempatkan pendidikan untuk turut berperan dalam memajukan suatu negara. Pendidikan kejuruan mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Kematangan karir merupakan kemampuan individu dalam menguasai tugas perkembangan karir sesuai tahap perkembangan karirnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengalaman prakerin, internal locus of control, dan self-efficacy terhadap kematangan karir siswa XII Akuntansi SMK Negeri I Karanganyar Kabupaten Kebumen. Objek penelitian siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Karanganyar Kabupaten Kebumen. Populasi sebanyak 143 siswa. Dalam penelitian ini semua anggota populasi dijadikan responden penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kematangan karir siswa tinggi, status sosial ekonomi orang tua tinggi, pengalaman prakerin tinggi, internal locus of control baik, dan self-efficacy baik. Sedangkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel status sosial ekonomi orang tua, pengalaman prakerin, internal locus of control, dan self-efficacy mempengaruhi kematangan karir (65,3%). Sedangkan secara parsial status sosial ekonomi orang tua berpengaruh (6,4%), pengalaman prakerin berpengaruh (26,63%), internal locus of control berpengaruh (7,29%), dan self-efficacy tidak berpengaruh terhadap kematangan karir. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua, pengalaman prakerin, internal locus of control, dan selfefficacy terhadap kematangan karir secara simultan. Saran yang diberikan hendaknya siswa lebih meningkatkan kematangan karirnya dengan lebih meningkatkan keyakinan diri serta lebih memanfaatkan kegiatan prakerin sebaik mungkin. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya, agar dapat mengembangkan penelitian ini baik dengan metode atau variabel lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status Sosial Ekonomi, Pengalaman Prakerin, Internal Locus of Control, Self-Efficacy, Kematangan Karir |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2019 13:58 |
Last Modified: | 15 May 2019 13:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29610 |
Actions (login required)
View Item |