ANALISIS PERILAKU WAJIB PAJAK DALAM MENENTUKAN REALISASI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN KLATEN KARESIDENAN SURAKARTA


Aji Wisnu Murti, 7101413006 (2017) ANALISIS PERILAKU WAJIB PAJAK DALAM MENENTUKAN REALISASI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN KLATEN KARESIDENAN SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (935kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1 ) Mendiskripsikan dan menganalisis perilaku wajib pajak dalam menentukan realisasi penerimaan Pajak Bumi dan bangunan; dan (2) Mendiskripsikan dan menganalisis peran DPPKAD dalam realisai penerimaan Pajak Bumi dan bangunan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling dan Snow Ball Sampling, Sampel penelitian diambil berdasarkan pertimbangan informan dapat memberikan data secara maksimal dan informan dapat berkembang sesuai dengan kedalaman masalah yang berguna dalam penarikan kesimpulan. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi ralisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada Kabupaten Klaten Karesidenan Surakarta, yaitu (a) Sikap Berperilaku (b) Norma Subyektif (c) Kontrol Pribadi yang Dipersepsikan (d) Pengetahuan Atas Sanksi Pajak dan (e) Pelayanan Pajak. (2) Hubungan antaran faktor-faktor tersebut dengan realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Kabupaten Klaten memiliki presentasi yang berbeda-beda antara satu faktor dengan faktor lainnya. (a) Faktor sikap berperilaku wajib pajak dalam membayar pajak mampu menentukan realisasi penerimaan PBB di Kabupaten Klaten karena wajib pajak memiliki sikap berperilaku yang baik dalam melakukan pembayaran pajak PBB. (b) Faktor norma subyektif kurang menentukan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak. (c) Faktor kontrol perilaku yang dipersepsikan oleh wajib pajak mampu menentukan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak (d) Faktor pengetahuan wajib pajak atas sanksi pajak yang tergolong rendah yang menyebabkan banyaknya tunggakan pembayaran PBB di Kabupaten Klaten. (e) Faktor terhadap pelayanan pajak yang dilakukan oleh petugas pajak adalah baik sehingga mampu menentukan keberhasilan penerimaan PBB di Kabupaten Klaten. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap faktor yang disebutkan diatas memiliki pengaruh pada realisai penerimaan PBB pada Kabupaten Klaten tetapi setiap wilayah memiliki faktor dominan yang berbedabeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Realisasi Penerimaan PBB, Pajak, Pajak Bumi dan Bangunan, Perilaku Wajib Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:58
Last Modified: 15 May 2019 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29609

Actions (login required)

View Item View Item