PENGARUH PERSEPSI PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM (Studi Pada UMKM Binaan Provinsi Jawa Tengah)


Afrida Sakti Ngarviyanto , 7101413005 (2017) PENGARUH PERSEPSI PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM (Studi Pada UMKM Binaan Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (830kB) | Preview

Abstract

Kepatuhan pajak merupakan suatu keadaan Wajib Pajak dalam memenuhi semua kewajiban perpajakannya secara sukarela. Kontribusi UMKM pada PDB mencapai 60% dari total keseluruhan, namun hal tersebut tidak tercermin dari kontribusi pajak UMKM yang hanya mencapai 5% dari total penerimaan pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Binaan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 115.751 UMKM. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster sampling. Sampel diperoleh sebanyak 100 UMKM. Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan menggunakan angket yang telah uji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif antara persepsi pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajkan dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM baik secara simultan maupun secara parsial. Pengaruh secara simultan sebesar 32,5% variasi kepatuhan Wajib Pajak UMKM dapat dijelaskan oleh model regresi, sedangkan 64,8% dijelaskan oleh faktor lain. Secara parsial persepsi pengetahuan perpajakan berpengaruh sebesar 9,98%, sosialisasi perpajaakan berpengaruh sebesar 12,9%, dan kualitas pelayanan pajak berpengaruh sebesar 16,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan pajak berpengaruh baik secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini hendaknya Direktorat Jendral Pajak dapat meningkatkan pengetahuan perpajakan Wajib Pajak UMKM secara menyeluruh, meliputi pendaftaran pajak sampai pelaporan pajak, kemudian sosialisasi perpajakan perlu ditingkatkan frekuensi dan luas tempat sosialisasi sehingga dapat menjangkau lebih banyak Wajib Pajak UMKM, serta hendaknya petugas pajak menerapkan pelayanan prima untuk meningkatkan kualitas pelayanan pajak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, persepsi pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan pajak, sosialisasi perpajakan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:57
Last Modified: 15 May 2019 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29608

Actions (login required)

View Item View Item