UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI PRODUK PADA SISWA SMK KELAS XI PEMASARAN 1 SMKN 2 MAGELANG
Elisabeth Setianingrum, 7101410053 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI PRODUK PADA SISWA SMK KELAS XI PEMASARAN 1 SMKN 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi pada pembelajaran Pengetahuan Produk siswa SMK N 2 Magelang khususnya kelas XI Pemasaran 1, ditemukan bahwa hasil belajar yang kurang optimal dimana dalam proses pembelajaran minimnya pengetahuan secara mendalam serta kurangnya kreativitas dan keterampilan dalam mengaplikasikan pelajaran penataan barang dagang siswa. Maka dari itu peneliti mengusulkan sebuah metode untuk mempermudah siswa dalam memahami materi serta mempraktekkan materi tersebut. Metode yang dapat digunakan adalah Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam menciptakan kreativitas siswa pada pokok bahasan Klasifikasi Produk. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Pemasaran 1 yang berjumlah 37 responden.Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan lembar pengamatan.Penelitian ini menggunakan validitasisi.Untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus korelasi product moment. Hasilanalisis data memperlihatkanbahwakemampuansiswa setelah menerima siklus 1 dan siklus 2 mengalami perubahan yang meningkat.Terdapat 80, 3 % siswa yang mengalami peningkatan nilai. Kesalahan yang terjadi pada siswa adalah teknik dalam membungkus kado. Untuk itu guru lebih baik menekankan lebih dalam mengenai teknik membukus kado. According to observation on students of class XI Pemasaran 1 SMK N 2 Magelang, researher find values of this students not enough optimum because they didn’t have creativity. For this reason, it must use a method to increase and improve their values. The method is the approach project based learning. The aims of this study are to analyse the use of approach project based learning andto know the mistakes made by the students. The method used is research action the class. The population in this research is 37 students of class XI Pemasaran 1 SMK N 2 Magelang. The data collection techniques used was documentation, test and observation. This research used validity of the content and to measure reliability used the correlation formula of product moment. Base on the result of the analysis of student, there are 80,3 % students with the good achievement and 2% students are in the level good enough. The Based on the result, most of the students made mistake in tecnic to packaging.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, Project Based Learning creativity, project based learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 17:20 |
Last Modified: | 31 Jan 2018 17:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29605 |
Actions (login required)
View Item |